Telekomunikasi Murah dan Kualitas Hidup Masyarakat


              Perkembangan Industri saat ini telah begitu pesat. Satu yang begitu pesat pertumbuhannya adalah Industri Telekomunikasi. Hal tersebut bisa dilihat dari waktu ke waktu, pemanfaatan Industri ini dalam berbagai bentuknya semakin berkembang. Jumlah masyarakat yang memanfaatkan teknologi ini pun semakin pesat perkembangannya.

            Industri telekomunikasi saat ini menjadi hal yang vital dan begitu dekat dengan kehidupan masyarakat. Hal tersebut tidak terlepas karena tarif telekomunikasi saat ini begitu murah dan terjangkau oleh segenap lapisan masyarakat. Kita ambil contoh telekomunikasi seluler, hampir segenap lapisan dari strata atas maupun bawah saat ini menggunakan jasanya. Murahnya tarif begitu penting bagi penilaian masyarakat dalam mengoptimalkan jasa telekomunikasi yang mereka butuhkan.

            Tarif telekomunikasi menjadi dasar asyarakat menjalankan kehidupannya. Saat ini, hampir semua profesi menggunakan jasa telekomunikasi. Jasa telekomunikasi, tidak hanya murah, namun juga memiliki kualitas yang sesuai. Fungsi telekomunikasi adalah untuk lebih memudahkan cara mereka berkomunikasi dengan orang lain.

            Fungsi Dasar
            Fungsi dasar telekomunikasi dalam pesan (SMS) maupun suara (Telepon) tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari semua orang. Fungsi ini begitu urgent, mengingat inilah alasan pemilihan jasa telekomunikasi yang begitu banyak digunakan oleh masyarakat. Jika tarif dasar telekomunikasi ini murah, penggunaan di masyarakat pun menjadi optimal. Fungsi inilah yang banyak digunakan masyarakat dalam menunjang kegiatannya sehari-hari, apapun profesinya.

            Industri telekomunikasi adalah universal. Konsumen akan memanfaatkan dalam berbagai hal. Industri ini memberikan kebebasan dalam berekspresi pada penggunanya. Semakin mudah dan murah, maka penggunanya pun semakin tertarik. Bagaimanapun juga, industri ini memberi andil dalam kualitas taraf hidup masyarakat. Peran industri telekomunikasi, lebih memiliki sarana saling berhubungan secara sosial dan ekonomi. Industri telekomunikasi, makin memanjakan penggunanya untuk bersosialisasi.

            Kualitas hidup sosial masyarakat, erat kaitannya dengan industri telekomunikasi. Logikanya, semakin terjangkaunya tarif telekomunikasi, maka banyak yang memilihnya untuk berkomunikasi. Komunikasi merupakan dasar kehidupan manusia dalam bermasyarakat.

            Hal diatas merupakan salah satu paparan mengenai peningkatan kualitas hidup masyarakat dari segi kehidupan sosial. Sementara itu, kehidupan sosial saat ini, penuh dengan konflik yang beragam. Biasanya, konflik terjadi bermula akibat permasalahan komunikasi. Inilah alasan, telekomunikasi yang terjangkau menjadi sarana peredam konflik, dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Komunikasi Data
            Tren saat ini, bergesertak hanya fungsi dasar telekomunikasi, namun juga kemudahan menjelajahi internet. Dengan alat sederhana seperti ponsel pun, saat ini masyarakat mampu menjelajah dunia tanpa batas ini.

            Kita tentu masih ingat satu dekade yang lalu, begitu terbatasnya penggunaan internet. Teknologi ini hanya mampu dijangkau oleh beberapa kalangan, itupun penuh keterbatasan. Perubahan pun terjadi, saat ini kecepatan internet bertambah, biaya pun relatif terjangkau. Teknologi data pun tidak hanya dapat diakses melalui komputer semata, namun juga ponsel. Inilah peluang bagi industri telekomunikasi untuk memaksimalkannya.

            Ada sebuah data menarik yang dirilis oleh Yahoo!, bahwa sekarang ini orang cenderung berinternet menggunakan ponsel dibandingkan dengan menggunakan warnet. Internet menggunakan ponsel dirasa lebih efisien dan bisa dilakukan kapan saja.

            Kecenderungan penggunaan internet melalui ponsel dimulai sejak era smartphone. Industri telekomunikasi hendaknya mendukungnya dengan tarif yang lebih murah. Dengan terjangkaunya komunikasi data ini, maka lebih meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Bisa dibayangkan betapa banyak ilmu yang didapat masyarakat dari menjelajahi internet.

            Begitu pentingnya era telekomunikasi saat ini. Perkembangan yang terjadi pun bergerak dengan begitu cepat. Masyarakat Indonesia yang majemuk hendaknya mengikuti perkembangan ini. Setiap orang, saat ini kehidupannya tak akan lepas dari hal telekomunikasi. Inilah peluang sekaligus tantangan bagi operator dalam menyajikan layanan yang berkualitas dan terjangkau. Saat ini, telekomunikasi murah akan lebih memanjakan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver