Melihat PLN dan Masa Depan Listrik

PLN, 3 huruf singkatan dari Perusahaan Listrik Negara ini merupakan kata yang paling sering dibahas di negeri ini. Listrik memang merupakan kebutuhan terpenting saat ini. Semua kalangan dari kelas atas hingga masyarakat bawah sangat membutuhkan listrik dalam keseharian mereka. Adalah tugas dari PLN untuk mensuplai pasokan kebutuhan listrik masyarakat secara tepat, cerdas dan profesional. Sulit untuk dibayangkan bila PLN tidak maksimal dalam memenuhi fungsinya, dampak sosial dan ekonomi masyarakat akan lumpuh.

Meskipun begitu urgent peran dari PLN, banyak yang sepele menganggapnya. Masyarakat kebanyakan ingat justru saat sedang listrik mati, mempertanyakan kemana PLN. Namun, saat semua fungsi berjalan normal, justru jarang kita lihat apresiasi masyarakat pada perusahaan milik negara ini.

Penguatan Sumber Daya
Sebagai pemenuh kebutuhan mendasar masyarakat, fungsi dan tugas PLN tidak dapat dianggap sebelah mata. Kurang terpenuhinya pasokan listrik bagi masyarakat, bisa berarti mimpi buruk dan kekacauan. Mau ataupun tidak, kebutuhan sumber daya listrik bagi bangsa ini memang haruslah menjadi fokus perhatian bagi PLN. Penguatan sumber daya mutlak harus dilakukan, guna menjamin terus berputarnya roda kehidupan bangsa ini.

Kebutuhan listrik bagi bangsa ini, semakin lama semakin besar. Tantangan bagi PLN adalah memenuhi kebutuhan tersebut. Masyarakat tidak peduli bagaimana PLN memperoleh sumber listrik untuk didistribusikan. Bagi mereka, yang penting kebutuhan listrik mereka tidak terganggu. Apabila PLN hanya berfokus pada sumber daya yang mereka miliki semata, maka di waktu yang akan datang, akan kesulitan memenuhi pasokan kebutuhan listrik yang semakin besar.

Satu hal yang harus dilakukan oleh PLN adalah penguatan sumber daya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas pasokan listrik. PLN telah berencana menginvestasikan Rp. 13 Triliun guna membangun pembangkit listrik baru di Provinsi Riau, sebuah langkah kecil yang sangat penting dilakukan demi masa depan listrik. Hal utama yang harus dilakukan saat ini bukan hanya memenuhi permintaan kebutuhan listrik, namun juga harus dipikirkan membuat semacam cadangan energi, yang sewaktu-waktu diperlukan dalam kondisi darurat. Sumber daya yang ada saat ini, tentulah tidak dapat menjadi harapan satu-satunya di masa mendatang, perlu inovasi dan penguatan sumber daya yang dimiliki, guna tetap bergulirnya roda operasional PLN.

Efisiensi dan Manajemen yang Profesional
Telah disebutkan di atas, listrik merupakan kebutuhan mendasar bagi masyarakat, dan PLN bertugas memnuhinya. Bisa diibaratkan, PLN merupakan distributor antara sumber listrik dan penggunanya. Dalam hal ini, PLN hendaknya menyelenggarakan sebuah manajemen yang kuat, dan efisien guna kelancaran dan kemudahan masyarakat memperoleh pasokan listrik. PLN merupakan perusahaan yang tidak bisa dikelola secara asal-asalan, perlu keseriusan dalam menanganinya.

Terkait dengan tugasnya memenuhi kebutuhan yang teramat penting, PLN agaknya harus secara tepat melakukan efisiensi dalam distribusinya. Selain untuk efektivitas masyarakat memperoleh pasokan listrik, juga untuk menjamin keberlangsungan PLN dalam usahanya agar semakin kuat. Penanganan profesional perlu dilakukan dalam kinerjanya. Banyak kita lihat, pencurian kabel, kecurangan pelanggan dan masalah lainnya dalam distribusi listrik yang harusnya secepatnya ditangani. Efisiensi dalam penyediaan layanan dengan tepat, akan mengurangi tingkat ketidakpuasan konsumen.

Adanya manjemen yang tepat dalam penanganan distribusi listrik dari pusat sumber daya hingga sampai ke konsumen, secara kontinyu hendaknya terus dilakukan. Masyarakat masih butuh edukasi yang tepat terkait penanganan listrik dari PLN. Bila manajemen PLN telah makin kuat dan profesional, maka pastinya PLN menjadi perusahaan super yang terstruktur mampu memenuhi kebutuhan listrik dengan lancar.

Peran Serta Masyarakat
Sebagai konsumen, masyarakat merupakan objek dari garis distribusi listrik. Mereka juga memiliki hak untuk menjaga pasokan listrik tetap berjalan dengan maksimal. Kasus pencurian kabel, kecurangan  serta kesalahan dalam instalasi listrik, sering memberi masalah bagi masyarakat. Kebakaran yang terjadi akibat kelalaian serta hal-hal lain sebagai dampak dari kurang kehati-hatian, memerlukan peran serta dari masyarakat untuk ikut mengawasinya.
Masyarakat hendaknya menjadi konsumen yang aktif, yang ikut serta menjaga sumber daya listrik yang begitu penting bagi kehidupan ini. Hemat energi, janganlah hanya menjadi slogan semata, namun hendaknya sedari sekarang menjadi fokus perhatian kita, agar kedepannya, PLN tetap terus berkembang, dan senantiasa memberi pasokan listrik yang cukup untuk kita.


Referensi :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver