Memaksimalkan Sebuah Ponsel

Perkembangan teknologi saat ini begitu cepat, termasuk di dunia telekomunikasi. Telepon seluler (ponsel) saat ini tidak hanya terbatas sebagai alat komunikasi telepon dan berkirim pesan, namun lebih jauh berkembang. Ponsel menjadi barang yang harus dibawa kemana saja. Mulai dari ponsel berjenis sederhana, hingga smartphone telah menjadi bagian penting dari keseharian kita.

Memang begitu pentingnya peranan sebuah ponsel, yang akan sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, seiring dengan perkembangan, ponsel pintar (smartphone) selain berharga mahal, juga memiliki daya tahan baterai yang terbatas. Ini menjadi problem tersendiri bagi para pengguna. Misalnya saja ketika dalam kondisi penting, hendak menghubungi seorang teman, jadi terkendala karena ponsel kehabisan baterai. Memang telah ada banyak powerbank sebagai sumber daya darurat. Namun, ini bukanlah solusi praktis bagi seseorang yang sangat mobile dalam kesehariannya, yang tentunya kadang enggan diribetkan dengan membawa powerbank kemanapun.

Solusi yang terbaik menurut saya adalah memaksimalkan second phone alias ponsel kedua. Ya, saat ini orang kemungkinan tidak hanya memiliki satu ponsel, nah ponsel kedua ini tentunya menurut saya bisa dimaksimalkan. Pilihlah ponsel yang sederhana, tidak banyak fasilitas yang tersedia, selain telepon dan sms tentunya. Jangan remehkan, biasanya ponsel seperti ini memiliki ketahanan baterai yang tangguh, tidak seperti smartphone yang sedikit-sedikit harus dicharge, ponsel sederhana (feature phone) biasanya memiliki ketahanan baterai yang sampai berhari-hari. Dari sisi ketangguhan inilah yang sebenarnya bisa kita maksimalkan.

Yang pertama untuk bisa dimaksimalkan, saya sarankan jangan meletakkan simcard nomor ponsel utama pada smartphone. Lebih baik Anda menggunakan feature phone sebagai nomor utama yang kapanpun selalu siap saat digunakan untuk berkomunikasi. Tak ada lagi kendala telepon mati karena baterai habis misalnya, kapanpun selalu siap untuk digunakan untuk menelepon maupun SMS.

Anda bisa menyimpan bermacam agenda. maupun data-data catatan penting di feature phone, hal ini untuk mengantisipasi tidak responsifnya atau kejadian habis baterai saat menggunakan smartphone. Dengan ponsel yang sederhana, kapanpun itu Anda dapat dengan mudah dalam melihat agenda maupun catatan-catatan penting yang sebelumnya disimpan. Fitur agenda (kalender) ada dalam setiap jenis ponsel saat ini, dan kalaupun ponsel Anda tidak memiliki fitur Notes, Anda bisa menyimpan catatan-catatan penting di outbox SMS. Dengan demikian, Anda bisa maksimalkan smartphone hanya untuk fitur hiburan dan internet misalnya, yang tidak bisa Anda dapatkan di ponsel feature phone.

Terakhir, meski memiliki fungsi sederhana, tetaplah lindungi feature phone Anda dengan PIN dan atau Password ponsel. Hal ini untuk mengatisipasi kejadian yang tidak diinginkan, mengingat di dalam ponsel Anda memiliki agenda serta catatan penting yang tentunya tidak ingin diketahui oleh orang lain. Ponselnya mungkin hanya berharga ratusan ribu rupiah, namun data yang tersimpan akan begitu penting. Serta selalu ingat untuk memback-up data-data penting lainnya, ke device lain seperti komputer, USB Flash Disk, maupun ke smartphone. Dengan demikian, Anda tidak akan kesulitan jika suatu saat ponsel Anda bermasalah.

Dengan memaksimalkan feature phone yang memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dari smartphone, lama kelamaan Anda bisa mengeksplore, dan justru menjadikan ponsel sederhana ini justru menjadi ponsel utama dalam berkomunikasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver