Yang Penting Nyaman

Hari ini, ponsel Samsung Galaxy J7 Duo kepunyaan saya mendapatkan update software yang lumayan besar, file download-nya sendiri sekitar 1,2 GB. Maklum, selain pembaruan versi perangkat lunak (9.0 Pie), update kali ini juga memiliki perubahan di sektor antar muka (user interface) ke One UI.

Samsung Galaxy J7 Duo secara spesifikasi di atas kertas lumayan tertinggal jauh dengan ponsel menengah kebanyakan. Masih menggunakan layar dengan perbandingan 16 : 9, tentunya sudah menjadi salah sat u spesifikasi yang tertinggal. Belum lagi bicara chipset, RAM dan ROM yg hanya 3/32 GB, tentunya menjadikan ponsel ini dipandang sebelah mata.

Namun uniknya, saya begitu nyaman menggunakan ponsel yang satu ini. Sekedar informasi, ponsel ini saya gunakan sebagai daily driver dengan tipe penggunaan yang lebih banyak berfokus di media sosial.  Menurut Google Play Store, ponsel saya ini memiliki 117 aplikasi terinstal yang memakan 67 % memori internal yang telah terpakai. Dengan pemakaian seperti itu, ponsel Samsung Galaxy J7 Duo yang saya gunakan ini relatif mampu bekerja dengan baik. Setelah pembaruan perangkat lunak pun ada fitur-fitur baru yang membuat saya semakin puas menggunakannya, yakni:

User Interface Lebih Segar

Tampilan One UI ternyata lebih nyaman digunakan dibanding antar muka samsung sebelumnya. Salah satu keuntungan dari UI ini adalah fitur mode malam yang secara otomatis dapat  saya aktifkan saat matahari sudah terbenam. Dengan adanya fitur ini tampaknya mata saya tidak akan terlalu lelah ketika menggunakan ponsel di malam hari.

Membalas Pesan Melalui Notifikasi
Untuk menghemat waktu, saya lebih suka membalas pesan yang masuk seperti WhatsApp dan lain sebagainya melalui notifikasi. Untuk versi Oreo sebelumnya setelah membalas maka notifikasi akan menghilang, berbeda dengan versi 9.0 Pie ini, dimana kita dapat berbalas pesan sampai kapanpun tanpa perlu membuka notifikasi. Menurut saya inilah fitur terbaik dari Android 9.0 Pie.

Kesimpulannya, ponsel ini merupakan batas bawah agar bisa melakukan  segala jenis pekerjaan secara nyaman. RAM dan ROM yang meski terbatas namun nyatanya cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Tentu ada beberapa kelemahan dari ponsel ini seperti tidak adanya sensor cahaya, NFC, dan magnetik. Namun, secara keseluruhan, saya menilai 8 dari 10 untuk ponsel ini. Dengan menggunakan ponsel ini saya sadar, tak perlu spesifikasi wah di atas kertas, yang terpenting adalah kita nyaman saat menggunakannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver