Gawai dan Produktivitas

Benda apa yang selalu Anda gunakan hampir setiap hari? Rata-rata dari Anda akan menjawab ponsel pintar (smartphone). Tidak salah, karena benda tersebut memang sangat akrab dengan kehidupan saat ini. Makin berkembangnya internet, serta gaya hidup serba digital akan semakin menguatkan penggunaan gawai (gadget) seperti ponsel menjadi sangat penting.

Hanya saja, penggunaan ponsel pintar kerap kali menjadi kambing hitam penurunan produktivitas seseorang. Orang justru menjadi tidak fokus dalam bekerja karena terganggu dengan notifikasi ponselnya. Padahal seperti yang kita ketahui pula, ponsel pintar juga bisa menjadi alat untuk semakin memudahkan pekerjaan.

Kenapa ponsel menjadi kambing hitam menurunnya produktivitas seseorang? Menurut saya ada yang salah dengan penggunaan ponsel kita selama ini. Aplikasi-aplikasi media sosial begitu menggoda kita untuk berinteraksi. Sebagai makhluk sosial, tentunya generasi saat ini memiliki akun medsos sebagai sarana aktualisasi diri. “Candu” bermediasosial inilah yang membuat kita tak lepas menggunakan ponsel, namun lupa waktu sehingga mengurangi produktivitas.

Yang kedua adalah aplikasi hiburan di media sosial. Bentuknya bermacam-macam, seperti streaming tayangan di Youtube maupun aplikasi lainnya semacam Netflix, ataupun game online telah membuat penggunanya lupa waktu. Hiburan yang disuguhkan oleh ponsel pintar kita didesain bisa dinikmati di mana saja dan kapan saja. Sialnya, hal inilah yang menurunkan produktivitas ketika harusnya kita menggunakan waktu untuk bekerja.

Sebenarnya, kalau kita perhatikan di toko aplikasi, aplikasi-aplikasi produktivitas hampir sebanyak apliksasi media sosial maupun hiburan. Saya pun mengetik postingan ini melalui ponsel pintar. Belakangan bahkan saya mulai jarang menggunakan komputer untuk bekerja dan lebih mengandalkan ponsel pintar. 

Bagaimana caranya agar fokus saat bekerja menggunakan ponsel pintar? Ponsel saat ini pun sebenarnya sudah dilengkapi beberapa fitur agar memperbaiki fokus dalam bekerja, namun semua itu memang masih jarang dimaksimalkan oleh penggunanya. Ambil contoh fitur jangan ganggu “Do Not Disturb” yang bisa disetting ketika kita tak ingin diganggu. Selain itu di Android 9.0 maupin iOS terbaru memiliki aplikasi Digital Wellbeing yang memungkinkan kita untuk mengontrol waktu penggunaan ponsel. Inti dari semua itu adalah disiplin kapan waktunya untuk bekerja dan kapan saatnya bersenang-senangnya. Maksimalkan ponsel pintarmu, Andalah yang mengontrol gawai yang Anda miliki dan bukan sebaliknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver