Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Bagi pengguna Nokia 5.1 Plus dan mungkin ponsel Android One yang lain, kadang seringkali mengalami notifikasi aplikasi-aplikasi penting, salah satunya WhatsApp kadangkala sering telat masuk. Bahkan kadang pesan yang dikirim ke kita seringkali tertunda (pending) sampai kita membuka aplikasinya, baru pesan-pesan tersebut semuanya masuk. Hal ini tentunya sangat mengganggu, dikarenakan WhatsApp merupakan salah satu aplikasi penting saat ini untuk berkomunikasi.

Saya mengalami hal ini semenjak security update bulan Februari 2019. Sempat bingung, karena saat bertanya pada komunitas pengguna Nokia seringkali tidak menemui jawaban yang benar-benar memecahkan masalah. Akhirnya setelah googling kesana kemari, berikut adalah langkah pemecahan notifikasi telat atau bahkan tidak masuk tersebut. Sebagai catatan, langkah-langkah ini saya lakukan di ponsel dengan menu Bahasa Indonesia, perlu penyesuaian jika Anda menggunakan bahasa lain.

Langkah 1 : Nonaktifkan Fitur Baterai Adaptif (Adaptive Baterry)
Baterai adaptif merupakan salah satu fitur unggulan dari Android 9 Pie. Fitur ini bertujuan untuk lebih menghemat penggunaan baterai. Sebagai “efek samping” fitur ini menutup aplikasi-aplikasi yang dirasa tidak terlalu sering digunakan, dan terkadang aplikasi WhatsApp pun menjadi korbannya. Untuk menonaktifkan fiitu ini, bukalah Setelan dan pilih Baterai, kemudian nonaktifkan fitur Baterai Adaptif.

Langkah 2 : Jangan Mengoptimalkan WhatsApp di Fitur Pengoptimalan Baterai
Langkah ini mirip dengan langkah nomor 1, yakni mencegah WhatsApp untuk ditutup oleh sistem. Untuk melakukan pergi ke menu Setelan kemudian pilih Aplikasi, pilih WhatsApp, pilih Baterai, Pilih Pengoptimalan Baterai, kemudian cari WhatsApp dan pilih Tidak Dioptimalkan.

Langkah 3 : Memaksa Berhenti Aplikasi Hemat Daya
Langkah ini sebenarnya menghentikan sistem hemat daya di ponsel Nokia 5.1 Plus. Sebagai akibatnya, dengan langkah ini maka baterai agak sedikit boros ketimbang biasanya, namun langkah ini dirasa perlu bila ingin notifikasi kembali masuk dengan lancar. Cara mengaplikasikannya sebagai berikut : Dari menu Setelan, pilih Aplikasi, pilih Semua Aplikasi, klik titik tiga di kanan atas, pilih Tampilkan Sistem, pilih Hemat Daya dan terakhir pilih Paksa Hentikan.

Langkah nomor tiga ini akan menjadikan notifikasi di WhatsApp kembali lancar hingga kita melakukan reboot (mematikan dan menyalakan ulang). Setelah mematikan dan menyalakan kembali ponsel, lakukan langkah 3 kembali. Cara ini menjadi ribet, tapi harus dilakukan demi kelancaran. Oh ya, setelah itu jangan menutup aplikasi WhatsApp di RAM, biarkan saja.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Review 4Connect Audio Receiver