Fingerprint Sensor

Saya bukan fans ponsel dengan fingerprint sensor (sensor sidik jari) yang mulai ngetrend belakangan ini, namun saya juga mengakui bahwa kehadiran pemindai sidik jari ini merupakan salah satu cara memastikan keamanan ponsel pintar yang kita gunakan. Untuk ponsel dengan fitur ini, saya sendiri sudah mencoba dua ponsel yang memiliki penempatan sensor sidik di tempat yang berbeda. Saya menggunakan ponsel Oppo F1S dengan sensor sidik jari di depan (tombol home) serta Xiaomi Redmi Note 4 yang sensor sidik jarinya ada di belakang (di bawah kamera).

Mana yang lebih nyaman? Tentu saja jawabannya relatif, tergantung dari selera masing-masing pribadi. Dari segi kecepatan menurut saya sensor fingerprint keduanya sama-sama cepat (tentu saja saya tidak memperhatikan detil, yang jelas dibawah 1 detik lah). Di beberapa penggunaan, tentu saja ada perbedaan antar sensor sidik jari di depan dan belakang.

Sensor Sidik Jari di Depan

Kelebihan utama penggunaan sensor di depan (tombol home) adalah kemudahan dipakai saat ponsel tergeletak diatas meja. Kita tidak perlu mengangkat ponsel saat hendak menggunakannya. Posisi jari natural di sensor depan adalah menggunakan ibu jari (jempol). Hal tersebut menjadi ribet kala menggunakan ponsel tidak dalam kondisi tergeletak. Pengguna harus sedikit "menekuk" jari untuk mengaktifkannya.

Sensor Sidik Jari di Belakang

Untuk sensor sidik jari di belakang tentu saja berkebalikan dengan sensor di depan. Keunggulannya, posisi alami adalah menggunakan ibu jari, jadi bisa nyaman saat menggunakan ponsel ketika dipegang. Sebaliknya, kelemahannya tentu saja tidak dapat digunakan kala layar tergeletak. Mana yang lebih nyaman? Baiknya diperhatikan sebagaimana kita sering menggunakan ponsel. Tergeletak atau diangkat? Baru menentukan sensor sidik jari mana yang sesuai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver