USB On The Go

Pernah saya tulis jika akhir-akhir ini menghadapi kendala pada internal storage di ponsel. Seiring berjalannya waktu, ponsel saya yang kebetulan sering saya pakai untuk bekerja, memori internalnya sudah hampir mencapai 50%. Memang dimaklumi sih, ponsel ini hanya memiliki memori internal sebesar 16 GB dan tidak memiliki slot micro sd memberi sedikit masalah pada saya terkait media penyimpanan. Ditambah data-data aplikasi maka penyimpanan yang saya miliki tersisa kurang dari 7 GB.

Pilihan awal mau tidak mau saya menggunakan cloud storage yang sedang populer. Cara ini praktis namun memiliki kelemahan dimana saya memerlukan kuota saat melakukan back-up, pun koneksi internet kita ketahui sendiri di Indonesia terkadang kurang stabil. Inilah alasan saya memilih salah satu cara penyimpanan data yang lain di USB Flash Drive (flashdisk).

Sebelum memiliki ponsel pintar, saya sudah terbiasa menyimpan data dan dokumen di flash disk. Kebanyakan data saya adalah dokumen berupa .doc, .xls,  dan juga .pdf sehingga belum membutuhkan hardisk eksternal karena data yang saya miliki terbilang kecil. Data dokumen dan foto mungkin hanya sekitar 10 GB.

Saya bersyukur kini ponsel pintar memiliki fitur USB On The Go (OTG). Saya perlu cerita sedikit. Saya mengenal USB OTG awalnya bukan membaca dari media. Saya pertama kali mengetahui ponsel bisa digunakan membuka flashdisk ketika menghadiri pameran indocomtech. Kala itu, ponsel pintar saya hanyalah Blackberry Torch, sehingga agak mengernyitkan dahi kala mendengar ada fitur seperti ini. Mungkin kala itu, hanya ponsel flagship yang memiliki kemampuan tersebut.

Tapi sekarang jumlah ponsel yang memiliki fitur USB OTG sudah beragam. Bahkan ponsel dibawah 2 juta rupiah pun ada. USB OTG kini menjadi salah satu pertimbangan kala membeli sebuah ponsel. Tak perlu memiliki flashdisk dengan konektor micro USB pun bisa. Asal kita memiliki sebuah conventer untuk menggunakannya, flashdisk biasa pun bisa dibuka melalui ponsel. Kini saya tak lagi menyimpan file media dan dokumen di ponsel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver