Satu Minggu Bersama Oppo F1s

Seminggu ini ada ponsel baru (tapi lama) yang menemani keseharian saya. Dalam seminggu ini saya menggunakan Oppo F1s. Sebenarnya ini ponsel terhitung lama, keluar di pasaran akhir tahun 2016 lalu, namun baru sekarang saya berkesempatan menggunakannya.

Oh ya sebelum melanjutkan, ini bukanlah review. Saya bukan reviewer ponsel, dan bahkan berencana menggunakan ponsel yang saya punya dalam jangka waktu yang lama. Karena alasan ingin menggunakan dalam jangka waktu lama itulah saya lumayan selektif dalam memilih ponsel.

Keunggulan Oppo F1s

Hal pertama yang jadi sorotan,  ponsel ini harganya turun lumayan daripada saat pertama keluar di pasaran. Saya mendapatkan ponsel ini di toko resmi dengan spesifikasi RAM 3GB dan ROM 32GB dengan harga 3,5 juta. Jika Anda membeli di toko ponsel biasa, mungkin malah bisa dapat harga hingga 3,2 juta.

Saya menggunakan ponsel ini untuk urusan pekerjaan. Setidaknya ada beberapa aplikasi chatting serta sosial media yang saya instal di ponsel ini. Sejauh ini kapasitas RAM dan juga prosesor mampu membuka berbagai aplikasi yang saya butuhkan dengan lancar.  Sebenarnya, ponsel ini masih menggunakan OS Android 5.1 (Lollipop) namun saya tidak terlalu memikirkannya, karena UI yg dibawa (Color OS) masih cukup mumpuni.

Secara umum saya masih nyaman memakai ponsel ini untuk segala macam aktivitas. Salah satunya menulis. Untuk postingan blog kali ini pun saya tulis menggunakan Oppo F1s. Layar yang lebar dan responsif membuat aktivitas mengetik lama menjadi nyaman. Saya belum dan tidak berniat menggunakan ponsel ini untuk bermain game, sehingga tidak bisa menilai kualitas ponsel ini kala digunakan untuk bermain game.

Kelemahan Oppo F1s

Saya yakin ada beberapa kelemahan dari ponsel ini. Namun saya hanya akan menyampaikan beberapa hal yang cukup "mengganggu" penggunaan saya. Jadi mohon maaf jika pengalaman penggunaan saya dirasa berbeda dengan yang lain.

Hal pertama yang saya kurang sukai dari ponsel ini adalah dari sisi desain. Mungkin bagi sebagian orang desain Oppo F1s ini sudah sangat bagus dan kekinian dengan material logam serta layar lebar. Nah layar lebar inilah yang kurang saya sukai. Meskipun nyaman saat digunakan, saya yang terbiasa menggunakan ponsel dengan ukuran 5 inch kebawah merasa layar yang diusung Oppo F1s ini masih terlalu lebar hingga kurang nyaman saat dipegang.

Hal kedua adalah saya sayangkan adalah kurang responsifnya fitur USB OTG yang ada di ponsel ini. Saya memang mempertimbangkan fitur USB OTG sebagai salah satu faktor utama memilih ponsel pintar karena saya banyak menyimpan data ke dalam flashdisk. Saya memiliki tiga konektor micro USB to USB, namun hanya dua yang berfungsi di ponsel ini. Selain itu ada jeda waktu bagi ponsel untuk membaca isi flashdisk lumayan lama. Hal ini menjadikan saya kurang dapat mengandalkannya dalam kondisi buru-buru.

Ponsel Oppo F1s terlepas dari kelemahan diatas masih cukup memungkinkan untuk saya gunakan dalam jangka waktu relatif lama, paling tidak selama satu tahun. Bagi Anda yang memerlukan ponsel gegas untuk bekerja plus kamera yang bagus mungkin bisa menjadi alternatif. Hanya saja tetap saya sampaikan untuk membeli ponsel sesuai dengan kebutuhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver