Ponsel Dual SIM

Ponsel di luar negeri kebanyakan didesain untuk penggunaan satu kartu (single sim). Saya tidak pernah ke luar negeri, namun cukup unik jikalau hal tersebut ternyata benar. Karena di Indonesia ternyata lumayan populer ponsel dengan fitur dua kartu (dual sim). Ini yang saya anggap unik, antara pengguna ponsel di Indonesia dengan di luar negeri kenapa karakternya berbeda?

Sudah bukan rahasia jika rata-rata orang Indonesia mempunyai lebih dari satu nomor ponsel. Masing-masing mungkin memiliki keperluan dan fungsi tersendiri. Yang jelas, untuk di Indonesia penggunaan ponsel dual SIM menjadi populer.

Jika kembali ke 5-10 tahun yang lalu, mungkin kita menemukan alasan maraknya penggunaan dual sim pada ponsel. Di era tersebut persaingan antar operator telekomunikasi begitu ketat. Tarif menelepon dan SMS (yang kala itu menjadi trend), begitu mahal jika berlaku antar operator, namun hemat jika berlaku ke sesama. Karena alasan inilah maka banyak yang memutuskan menggunakan kartu sim lain untuk mengantisipasi tarif mahal kala harus menelepon ke operator lain. Selain itu, faktor tersebut juga dipengaruhi oleh murah dan mudahnya mendapatkan kartu sim perdana kala itu.

Namun kini alasan tersebut agaknya kurang relevan. Tarif tak semahal dulu, telepon dan SMS pun tak lagi menjadi primadona. Kini era digital, dimana internet menjadi konsumsi utama. Tarif telepon dan SMS pun tak lagi dipedulikan.

Keputusan menggunakan dua kartu sim kali ini berdasarkan mana yang menawarkan tarif kuota internet lebih hemat. Pembagiannya kini berlaku mana operator yang berfokus untuk internet, mana yang untuk berkomunikasi telepon dan sms. Ada pula yang membaginya berdasarkan keperluan, misalnya untuk bekerja dan hiburan. Dan karena persaingan yang begitu ketat antar operator juga memiliki andil masyarakat kita memiliki nomor ponsel lebih dari satu. Dan selama kartu sim perdana masih dijual bebas, hal tersebut belum akan berubah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver