Melihat Modus Penipuan Via SMS Mengatasnamakan Operator

"Selamat No simcard anda men-dptkan hadiah Rp.49jt dari Telk*msel, info klik..."

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan sms seperti diatas. Ya benar, sms penipuan ini merupakan modus lama. Tapi sayangnya, masih banyak saja masyarakat tertipu dengan modus diatas. Padahal mengenali sms penipuan atau tidak, itu sebenarnya cukup mudah.

Bila Undian Itu Benar, Jarang Diberitahu Lewat SMS. 
Bila memang undian itu benar, biasanya operator, atau siapapun penyelenggaranya, akan menghubungi lewat telepon. Dan pastinya, ketika kita dihubungi, seharusnya kita tahu, undian apa yang kita ikuti. Kalau kita merasa tidak mengikuti undian apapun, ya kita juga jangan langsung senang kalau tiba-tiba menang undian. Modus yang dilakukan memang melalui sms, tentu saja untuk menghemat biaya sang penipu. Namun tetap waspada pula, kadang juga penipu menelepon korbannya.

Melalui Website 'Aneh'.  
Saat, ini ada pula modus yang tampak meyakinkan dengan memberitahu sebuah link website untuk diklik melalui SMS. Namun alih-alih kita dapat undian, yang ada kita digiring ke website palsu (biasanya melalui blogspot, wordpress dan domain gratis lainnya). Pastikan juga inilah website asli masing-masing operator :
  • Telkomsel : www.telkomsel.com
  • Indosat : www.indosat.com
  • XL Axiata : www.xl.co.id
  • AXIS : www.axisworld.co.id
  • 3 : www.tri.co.id
  • Flexi : www.telkomflexi.com
  • Smartfren : www.smartfren.com
  • Esia : www. myesia.com
Yang jelas, bila website yang diberikan bukan website diatas, maka itu PENIPUAN.

Biasanya Melarang Pelanggan Menghubungi Customer Service
Jika kita memiliki masalah, maka sebenarnya tempat terbaik untuk menyelesaikannya adalah Customer Service (Call Center), namun justru keanehannya, si penipu ini melarang kita menghubungi Call Center guna menghindari penipuan (logikanya dimana coba?). Berikut daftar customer service masing-masing operator, dan jangan segan-segan kita menghubunginya :
  • Telkomsel : Melalui KartuHALO : 133, Melalui kartu simPATI dan Kartu AS :155 untuk layanan informasi pelanggan 24 jam (GRATIS), 188 untuk layanan Contact Center 24 jam (Berbayar) .
  • Indosat : Indosat : Matrix : 111, Mentari : 22, IM3 : 300, StarOne : 111
  • XL Axiata : 817
  • Axis : 838
  • 3 : 123
  • Flexi : 147
  • Smartfren : 888
  • Esia : *990
Selain itu, kita juga bisa menghubungi akun Twitter atau mengirim E-Mail ke operator, informasinya bisa kita cari tahu di website resmi di atas. Kalau saya sih jika santai lebih senang menghubungi lewat Twitter, namun jika mendesak ya melalui Call Center. Nah, yang lucu, si penipu kebanyakan meninggalkan nomor ponsel sebagai call center, bukan nomor-nomor di atas, dan biasanya namanya ada gelar Drs. H. (entah apa maksudnya).

Hubungi Kantor Cabang Operator
Hampir semua operator memiliki kantor perwakilannya di berbagai kota. Selain untuk jalur distribusi, kantor-kantor ini juga menjadi media pelanggan dalam menghubungi operatornya. Jika kita memiliki masalah, cari tahu  saja melalui kantor perwakilan di kota Anda ini.

Modus Penipuan Biasanya Disebutkan Diundi di Stasiun TV
Biasanya, si penipu juga bilang, jika pengundian dilakukan di salah satu TV Nasional (Biasanya, tayang larut malam jam 23.00 WIB ke atas).  Jika Anda tidak melihat sendiri pengundian dilakukan di salah satu TV yang bersangkutan maka jangan percaya. Dan kalaupun iya, biasanya tayang di Prime Time antara pukul 18.00 - 22.00 jadi ga mungkin lah sampai larut malam.

Intinya adalah, kewaspadaan kita dalam menanggapi berbagai modus penipuan. Jangan senang dulu karena menang undian, dan jangan buru-buru mentransfer uang. Ada juga modus yang dilakukan dengan mengatasnamakan rumah kontrakan, maupun tiba-tiba memberi nomor rekening, jangan langsung percaya, lebih baik kita verifikasi kebenarannya terlebih dahulu, agar tidak menyesal nantinya. Ok sekian dulu untuk membahas penipuan via sms mengatasnamakan operator, lain kali mungkin kita bahas mengenai penipuan dengan berbagai modus lainnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver