PLN Bersih Bukan Hal yang Sulit

Untuk saat ini, listrik merupakan kebutuhan dan hal yang paling penting bagi kehidupan. Listrik merupakan aspek penting dari sendi-sendi kehidupan dan perekonomian. Selama 24 jam, manusia tidak akan terpisahkan dari penggunaan sumber energi yang satu ini. Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai penyedia sumber listrik utama di Indonesia memiliki peranan dalam menjamin ketersediaan listrik bagi masyarakat, hingga perekonomian dan kehidupan negeri ini tetap berjalan dengan lancar. Begitu pentingnya peran PLN, hingga lembaga ini dituntut untuk senantiasa bersih dan profesional.

Pentingnya kebutuhan akan listrik, juga memancing pihak-pihak yang justru melakukan hal-hal yang tidak semestinya. Kasus pencurian listrik, maupun penggunaan listrik secara ilegal, masih menjadi kasus yang marak terjadi. Ambil saja misalnya kasus pencurian listrik yang dilakukan oleh warung-warung tenda, ataupun rumah tangga yang melakukan instalasi listrik dengan tidak semestinya masih banyak dilakukan. PLN dalam hal ini tidak mengetahui, namun beberapa oknum justru melakukan pembiaran, yang membuat citra pegawai PLN menjadi sedikit ternoda.

Tingkat kesadaran masyarakat yang masih belum sempurna dalam penggunaan listrik, menjadi PR tersendiri bagi PLN untuk mengedukasi. Maraknya penyalahgunaan listrik secara ilegal, sebenarnya bisa dihindari dengan pembenahan, sosialisasi serta sikap profesionalisme yang mengedepankan PLN menjadi lembaga yang bersih. Ketegasan sikap dari PLN untuk tidak menerima segala bentuk sesuatu yang mencederai kredibilitas lembaga ini menjadi syarat utama dalam memberikan pelayanan kepada pelanggannya secara profesional.

Penyalahgunaan dan penggunaan listrik secara ilegal, berdampak berbahaya pada pelanggan serta membuat kerugian pada PLN. Hal yang merugikan keduabelah pihak ini hendaknya dapat dipahami bersama. Pelanggan tidak melakukan instalasi listrik yang ilegal, dan berbahaya, namun juga PLN tidak diperkenankan mengizinkan hal ini terjadi. Dan bila menemukan hal tersebut terjadi, maka PLN diharapkan tidak menerima suap, maupun sogokan yang bertujuan untuk membenarkan perilaku yang salah. Sikap PLN yang tegas sebenarnya bertujuan untuk menciptakan lembaga ini menjadi lembaga yang bersih, dan memberikan kenyamanan pada masyarakat pengguna listrik.

PLN bersih menjadi tanggung jawab semua pihak. Listrik merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan, maka dari itu pengoptimalan PLN sebagai penyuplai sumber energi listrik menjadi penting. Listrik yang dihasilkan oleh PLN haruslah bisa optimal sampai ke pelanggan, serta tidak banyak terbuang melalui jalan yang ilegal. Dalam mewujudkannya, masyarakat memiliki peran serta dalam mengawasi penggunaan listrik dengan tepat, serta tidak melakukan tindakan-tindakan yang merugikan, seperti : melakukan instalasi listrik secara ilegal, maupun tindakan pada lembaga ini yang mencederai semangat PLN bersih. Para karyawan PLN pun haruslah profesional, tidak melakukan pembiaran hal yang salah demi sebuah materi. Sebenarnya, mewujudkan PLN yang bersih bukanlah hal yang sulit, namun perlu kerjasama semua pihak untuk itu.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver