Menghapus File Video dan Musik Bawaan Pada Nokia Asha 501

Sudah hampir satu tahun sudah saya memiliki ponsel Nokia Asha 501. Ya meskipun bisa dikatakan ini smartphone yang nanggung, saya cukup terbantu memilikinya. Namun, setelah diupdate software dan beberapa aplikasi bawaan, saya merasa ponsel ini tidak seresponsif saat baru dulu. 

Nah, kemarin saya mencoba memperbarui WeChat dan Line di ponsel tersebut, namun selalu gagal karena memori internal tidak mencukupi. Sayapun diminta menghapus beberapa file seperti phonebook, alarm, note, dsb. Nah karena berisi data-data penting, saya pun berpikir dua kali untuk menghapusnya.

Sebenarnya, di memori internal tesebut, banyak 'dipakai' untuk file video mp4 berjudul 'Everyday Adventure' dan 3 file mp3 (lupa judulnya) yang memakan lebih banyak memori. Ketika saya berniat menghapusnya pun tidak bisa secara langsung, akhirnya saya melakukan 'trik' seperti ini :

1. Buka menu File
2. Pilih Memori Telepon (kapasitasnya 66.7 MB)
3. Tarik dari bawah layar ke atas, kemudian pilih Hapus Item
4. Klik semua folder yang ada, namun perlu diperhatikan, jika Anda menyimpan file penting di sebuah folder tersebut, maka jangan diklik. Misalnya Anda tidak ingin file MP3 atau Foto terhapus, maka jangan klik folder foto ataupun Musik, disesuaikan saja.
5. Klik Hapus, maka muncul peringatan :"Hapus item yang dipilih?" klik Ya
6. Akan muncul peringatan : "Tidak dapat menghapus folder ini:<>. Hapus kontennya?" Klik ya
7. Lakukan seterusnya, jika sukses, maka File video :"Everyday Adventure" dan file-file MP3 bawaan akan terhapus dan memori internal Anda akan bersisa cukup banyak (13MB).

Setelah saya menghapus file-file bawaan tersebut, saya merasa ponsel ini lebih responsif dan update aplikasi pun tak ada kendala. Selamat mencoba.

Komentar

Anonim mengatakan…
yap,ga kepikiran,ternyata mudah.
trim's berat gan.

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver