Tak Bisa Hidup Tanpa Online

Benar. Saya tak bisa hidup tanpa online meskipun hanya satu haripun. Saya pernah coba untuk "puasa gadget" tapi hanya bertahan untuk tidak chat selama weekend saja. Entah, tapi saya merasa aneh dan ada sesuatu yang hilang jika tidak mengakses internet.

Mungkin saya tidak hanya sendirian yang merasa seperti itu. Internet seolah telah menjadi sesuatu yang penting dan "menguasai" kehidupan. Saya tidak becanda, internet memang telah menguasai beragam sendi kehidupan. Internet merupakan hal yang terpenting dalam setiap hal, termasuk aspek ekonomi yang berpengaruh pada kehidupan.

Kembali pada suatu keadaan dimana "tak bisa hidup tanpa internet". Sungguh sebuah hal yang aneh jika seseorang tidak bersentuhan internet pada zaman sekarang. Bukan berarti tidak bisa, namun hal tersebut sulit dilakukan. Saya memiliki seorang teman yang hanya menggunakan ponsel fitur untuk kebutuhan kesehariannya. Apakah dia merupakan orang yang "anomali" dan bisa berkegiatan tanpa internet? Tidak juga, dia memiliki akun Facebook. Dan percaya atau tidak, frekuensi dia dalam meng-update status Facebook justru lebih sering dibandingkan saya yang menggunakan ponsel pintar.

Bagi saya, tetap hal yang aneh kala seseorang tidak berhubungan sama sekali dengan internet setiap harinya. Berkutat di dunia nyata (saja) bukanlah sebuah rutinitas normal saat ini. Ya, selain interaksi dengan dunia nyata, setiap orangnya kini dipermudah berinteraksi secara virtual melalui internet.

Internet telah mengubah gaya hidup seseorang. Internet telah menimbulkan pola baru dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Kini tak harus komunikasi tatap muka saja, namun bisa pula berinteraksi melalui chat dan juga media sosial. Kehidupan semakin dimudahkan. Jadi, masih tertantang bisa hidup tanpa internet?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver