Lebih Jadi Diri Sendiri di Twitter

Belakangan saya membuka (kembali) akun Facebook yang sepertinya sudah lama saya tinggalkan. Beberapa teman, terlihat masih aktif di media sosial yang dipimpin oleh Mark Zuckenberg tersebut. Seorang teman pun menyapa saya, "Kenapa sekarang sudah jarang terlihat di Facebook?" Jujur, saya agak kesulitan menjawabnya. Belakangan memang saya lebih aktif di media sosial Twitter ketimbang Facebook. Padahal, sebenarnya saya lebih dulu memiliki akun Facebook daripada Twitter.

Seperti yang saya ungkapkan di atas, saya tidak memiliki alasan khusus kenapa lebih tertarik aktif di Twitter daripada Facebook. Padahal Facebook adalah media sosial, dan bahkan Twitter pun sedang kesulitan untuk bangkit. Saya tidak peduli dengan fenomena kabar HOAX dan ujaran kebencian yang kata orang banyak terjadi Facebook. Kalau mau diteliti, situasi negatif seperti itu tidak hanya ada di Facebook, namun juga Twitter, serta media sosial yang lain, jadi hal tersebut bukanlah menjadi patokan saya.

Setelah merenung lebih lama, saya mengetahui sebuah jawaban. Twitter lebih nyaman karena saya merasa bisa lebih "jujur" menjadi diri sendiri. Rata-rata teman-teman saya di Facebook juga berteman di dunia nyata, bahkan beberapa saudara juga ada di media sosial tersebut.

Sementara saat berada di Twitter, kebanyakan orang tidak mengenal saya. Saya jadi lebih bisa menyampaikan isi pikiran dengan lebih bebas, tanpa memikirkan "pencitraan" diri saya seperti apa. Pun berbeda dengan Facebook, Twitter menjadikan saya lebih mudah mengungkapkan isi pikiran tanpa harus bertele-tele karena keterbatasan karakter.

Alasan orang menyukai media sosial tertentu sangat beragam. Saya pun tidak menghakimi jika Twitter lebih baik dari Facebook. Sebenarnya ini semua hanyalah masalah kecocokan saja. Kini pun saya kembali ingin lebih aktif (lagi) menggunakan Facebook sebagaimana di Twitter. Karena inti dari media sosial menurut saya adalah mempererat kembali tali silaturahmi yang sempat agak mengendur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver