Memilih Ponsel untuk Jangka Panjang

Belakangan ini, perkembangan ponsel pintar tampak semakin cepat. Hampir tiap bulan, ada saja ponsel baru yang launching. Mengikutinya, tentu saja akan sangat berat. Bagi beberapa orang dengan dana terbatas, lebih memilih menggunakan ponsel untuk jangka panjang. Berikut beberapa pertimbangan jika hendak membeli ponsel untuk digunakan secara jangka panjang (hingga 1-2 tahun ke depan). Oh ya, pertimbangan ini berdasarkan penggunaan ponsel Android ya.

1. Pilih OS Minimal Dua Generasi di Bawah Saat Ini
Misalnya, saat ini OS Android adalah 8.0 Oreo, maka spesifikasi minimal ketika hendak membeli ponsel adalah 6.0 atau Marshmallow. Dengan OS ini maka aplikasi-aplikasi terbaru masih bisa diikuti. Apalagi jika pilihannya ponsel yang memiliki user interface (UI) sendiri seperti Xiaomi dengan MIUI-nya, biasanya rajin memberikan update soffware.

2. RAM Minimal 2GB, Memori Internal 16GB
Pilihan RAM minimal 2GB dengan memori internal 16 GB sudah cukup, jangan kurang dari itu. Karena aplikasi-aplikasi semakin lama akan semakin berkembang dan besar. Lebih bagus lagi tersedia slot memori eksternal.

3. Baterai Minimal 3000 mAh
Baterai yang wajar ukurannya saat ini dan beberapa waktu yang akan datang adalah 3000 mAh. Seiring perkembangan, ponsel akan makin panas dan baterai akan makin cepat habis. Bila menggunakan ponsel dengan baterai kecil, maka kita akan disulitkan dengan daya yang cepat habis.

4. Jangan Memaksakan Ponsel
Seiring berjalannya waktu, ponsel akan menurun performanya. Bila hal itu terjadi, maka tindakan yang bijak adalah dengan menghapus data ataupun aplikasi yang tidak terpakai. Jika perlu, bisa melakukan reset ulang, namun pastikan melakukan backup data sebelumnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver