Berani Belajar di Perguruan Tinggi Dalam Negeri

Saat ini, banyak lulusan SMA yang lebih memilih untuk belajar di luar negeri. Mereka menganggap belajar di luar negeri lebih berkualitas. Namun bila dicermati, belajar di perguruan tinggi dalam negeri justru lebih baik jika ingin benar-benar belajar.
Mahasiswa merupakan agen perubahan dan calon pemimpin bangsa. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya duduk di kelas, namun juga mencermati kondisi bangsanya. Sejalan dengan fungsi sebagai calon pemimpin, mereka harus mengenal dengan baik tentang bangsanya. Bagaimana mereka mampu memimpin jika tidak mengenal penuh bangsanya. Bagaimana mereka mampu memimpin jika hanya tau bangsanya dari sudut pandang berita tanpa mengalami secara langsung? Satu-satunya cara memantau dan mengetahui kondisi bangsanya secara efektif dan berkelanjutan, adalah dengan belajar di perguruan tinggi dalam negeri. Mereka merasakan langsung dampak kebijakan dalam negeri. Mereka merasakan langsung apa yang terjadi dengan bangsanya. Kita tidak akan merasakan pengalaman itu semua jika memilih untuk belajar di luar negeri.
Belajar di luar negeri tidak berarti lebih baik, semua tergantung pada kondisi individu masing-masing. Kualitas pendidikan Perguruan Tinggi dalam negeri juga terhitung baik, banyak juga mahasiswa yang berasal dari luar Indonesia. Saat ini adalah era informasi yang terbuka. Semua orang mampu dengan mudah mengakses informasi kapanpun dia mau. Kita mungkin belajar di Indonesia, namun pikiran kita bisa juga berkeliling dunia. Kita dapat menambah ilmu dengan browsing maupun membaca buku.
Tidak perlu ke luar negeri untuk cerdas, hanya peran aktif kita untuk belajar yang menentukan. Beranilah untuk belajar dan kuliah di dalam negeri. Yang mencerdaskan orang bukan dimana dia kuliah, tapi seberapa keras dia belajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver