Mencari Sistem Perguruan Tinggi Ideal

Kesempatan mengenyam pendidikan hingga Perguruan Tinggi (PT), merupakan kesempatan yang berharga. Apalagi jika mampu mengenyam hingga tingkat doctor. Perguruan tinggi saat ini tidak hanya terkait dengan tingkat kecerdasan semata, namun juga hingga gengsi dan kehormatan. Sudah rahasia umum, title yang didapat dari perguruan tinggi menjadi hal yang sangat dihormati.

Tujuan belajar tidak hanya title semata. Sebenarnya ada tujuan mulia dari belajar di PT. Ilmu yang didapatmerupakan ilmu yang hendaknya memiliki fungsi di masyarakat. Title yang didapat hendaknya menjadi hal yang sesuai dengan kemampuan, hingga benar-benar tepat dan mampu memanfaatkan kesempatan belajar di PT yang tidak dapat diperoleh semua orang.

Herannya, saat ini fungsi dan tujuan tersebut sudah meredup. Semangat yang tersisa hanyalah semangat meraih title. Dengan demikian banyak cara yang digunakan meskipun tidak halal. Berapa banyak kita dengar kasus ijazah palsu maupun joki skripsi? Bukankah hal tersebut mencederai fungsi PT?

System perguruan tinggi perlu diubah, tidak untuk mencari title, namun benar-benar harus mampu menjadi sarana pendidikan mencerdaskan bangsa. Ukuran tidak lagi ijazah, namun seberapa siap untuk terjun ke masyarakat. Nilai moral juga menjadi patokan utama selain intelektual, karena ilmu akan tepat digunakan di tangan orang yang berhati nurani.

System perguruan tinggi yang ideal adalah system yang tidak hanya mengharagai intelektualitas semata, namun juga kejujuran. Lulusan PT akan menjadi pemimpin. Sudah saatnya rakyat menyerahkan tampuk pemimpin ke tangan yang tepat, bukan ke tangan orang yang membanggakan title dan melakukan segala cara dalam memperolehnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver