Teknologi Internet yang Makin 'Bebas'

Sascha Lobo, seorang Blogger asal Jerman mengatakan bahwa saat ini Internet Sudah rusak. Internet sudah mulai bergeser fungsi dari yang tadinya sebagai penyedia informasi menjadi 'alat' untuk mengganggu ranah pribadi orang lain berupa penyadapan. Sebelumnya juga Edward Snowden, mantan kontraktor agen keamanan Amerika, NSA juga mengatakan bahwa NSA melakukan penyadapan di internet bekerjasama dengan beberapa situs terkemuka.

Bagi beberapa kalangan, ini bukanlah masalah serius, hanya saja memang keamanan internet sudah menjadi hal penting sebagai prioritas. Internet juga menjadi lahan kejahatan bagi para pencuri data, masuk ke akun pribadi, dan menyalahgunakan untuk perbuatan jahat. Ambil contoh ketika masuk ke akun Facebook seseorang, mengirimi teman pesan yang berupa penipuan, atau masuk ke akun internet banking, menguras uang yang ada di dalamnya, menjadi bukti betapa keamanan di ranah dunia maya ini juga perlu.

Semakin jauhnya fungsi internet yang tak hanya menjadi sumber berbagi informasi, penting untuk dijadikan perhatian kita semua. Mudahnya mengakses internet dimanapun dan kapanpun, serta terkadang kita lupa untuk mengamankan serta memprivasi data digital kita. wifi yang bersifat publik, warnet menjadi sasaran empuk para peretas serta pencuri data jika kita tidak berhati-hati dalam menggunakannya.

Setiap kita login, dan masuk ke akun kita, sebenarnya adalah awal mula kita mengunggah data-data digital kita ke internet yang bersifat bebas dan dapat diakses oleh orang yang berniat jahat sekalipun. Kadang inilah salah satu alasan mengapa kita perlu lebih memproteksi dengan password yang unik, enkripsi, serta verifikasi berlapis sebelum masuk ke akun kita, serta benar-benar logout keluar ketika kita sudah tidak menggunakannya. Mungkin sedikit ribet dan merepotkan, namun layaknya rumah yang harus dikunci jika tidak ingin ada orang lain masuk, pun begitu pula akun dan data internet kita memang perlu perjuangan sedikit sulit untuk mengamankannya dari kejahatan.

Jadi, sambil menunggu keamanan internet menjadi lebih baik, mari kita perhatikan akun sendiri, pastikan aman dan tidak ada yang 'mengintip' karena kehidupan saat ini tidak akan bisa lepas sama sekali dari internet setiap harinya. Lebih baik mencegah daripada menyesal nantinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver