Teknologi yang Makin Memudahkan : Kendala Komunikasi yang Teratasi

Hari Minggu yang lalu, saya menghadiri semacam gathering dengan teman-teman yang pernah satu organisasi dengan saya ketika masih kuliah. Seperti biasa, karena sudah lama tidak bertemu, maka kami saling ngobrol apapun terkait organisasi yang kami ikuti dulu. Banyak cerita-cerita menarik yang sekarang ini menjadi hal yang lucu untuk diingat. Salah satunya adalah ketika kami ingat, dulu saat masih kuliah, ingin mengajak teman-teman melakukan rapat, kami masih repot-repot membuat undangan dalam bentuk kertas, bersusah payah mencari orang yang hendak kita undang, serta sulit untuk mengkonfirmasi kehadiran orang yang kita undang tersebut.

Hal diatas menjadi lucu, ketika diingat pada zaman saat ini. Betapa teknologi berkembang begitu cepat, dan jalur komunikasi semakin mudah dan cepat saat ini. Ketika dulu orang masih bersusah payah membuat undangan kertas, saat ini, era tersebut pelan-pelan pun berakhir. Dengan semakin mudah didapat serta terjangkaunya harga ponsel turut menjadi sebab dimana kendala komunikasi saat ini dapat teratasi. Ketika dulu di awal tahun 2000an, orang masih jarang yang memiliki telepon rumah. Bahkan, ponsel pun berharga jutaan rupiah saat itu. Bagi orang-orang yang saat itu masih berstatus mahasiswa seperti saya, ponsel merupakan barang yang sangat berharga, orang yang memiliki ponsel pada waktu itu hanya kalangan tertentu saja.

Saat ini, masalah mengundang orang dapat teratasi dengan lebih mudah. Murahnya ponsel yang berada di pasaran turut menjadi andil masuknya era komunikasi yang serba cepat seolah memangkas jarak. Ponsel yang berada di pasaran dari mulai seharga 100ribuan sudah cukup untuk dapat dimaksimalkan dalam memudahkan komunikasi. Undangan serba kertas saat ini pun hampir sudah tidak diperlukan, digantikan oleh teknologi sederhana semacam telepon dan SMS yang semakin terjangkau, dan nyaris gratis. Belum lagi dengan dukungan teknologi internet yang kini mudah diakses dimana saja dengan berbekal ponsel. Media sosial semacam Facebook maupun Twitter yang nyaris semua orang memiliki pun ikut memanjakan dan mengubah cara kita berkomunikasi dengan lebih baik.

Dengan semakin majunya teknologi, terutama telekomunikasi, mungkin sudah bukan zamannya lagi kita menjadi pribadi yang penyendiri. Belajar online maupun berkomunikasi dimanapun dan dengan siapapun akan lebih mudah dilakukan. Inilah waktunya untuk bisa lebih intens dengan orang-orang yang sebelumnya kita anggap jauh untuk bisa lebih dekat. Orang-orang yang sudah lama tidak kita hubungi, kembali lagi kita jalin komunikasi, karena kecepatan berkomunikasi saat ini lebih cepat dalam hitungan detik, dibanding dulu saat kita menggunakan kertas yang dapat memakan waktu berhari-hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver