Ponsel dan Berkembangnya Teknologi Mobile

Siapa yang saat ini tidak memiliki setidaknya satu ponsel? Jika Anda bukan orang kolot ataupun konservatif yang kebetulan membaca tulisan ini di blog saya, sudah hampir pasti memiliki setidaknya satu buah ponsel. Saat ini, ponsel sudah menjadi bagian dari kehidupan seseorang. Ponsel lebih dari sekedar alat komunikasi. Ponsel bisa menjadi alat untuk mengorganisir kegiatan dan pekerjaan. Selain itu, ponsel juga merupakan alat penting dan menjadi gaya hidup seseorang. Setidaknya karakter seseorang bisa dilihat dari ponsel yang dipakai. 

Mengorganisasi Kegiatan 

Sejak beberapa tahun yang lalu, ponsel sedikit demi sedikit menambahkan beberapa fitur yang makin kesini makin menjadi sebuah hal yang wajib harus ada dalam ponsel. Tak hanya berkomunikasi saja, ponsel pun menambahkan beberapa fitur organizer macam alarm dan agenda. 

Tak hanya ponsel pintar berharga jutaan rupiah. Ponsel biasa yang masih mengandalkan 2G pun sudah disematkan fitur ini. Alarm dan agenda saling berintegrasi dengan jam serta kalender yang memang sudah disematkan di ponsel. Fungsi organizer ini bisa menjadi sarana kita untuk lebih terorganisir dalam keseharian. Kapan saja, bisa mengatur jadwal serta kegiatan agar lebih teratur. 

Selain itu, fungsi notes pun menjadi sebuah hal yang sebenarnya perlu dimaksimalkan untuk keseharian. Jangan dibayangkan notes disini hanya berupa tulisan. Notes bisa juga rekaman suara, atau mungkin gambar yang diperlukan sebagai memori. Perlu disadari jika ingatan ataupun memori manusia yang terbatas perlu bantuan alat untuk membantu ingatannya. Jadi, kenapa masih tidak berusaha menggunakan ponsel sebagai bantuan? Masalah memori ini pun tak hanya terbatas pada kartu memori ataupun internal ponsel saja, bisa juga memanfaatkan cloud storage macam OneDrive, Dropbox dan lain sebagainya yang menawarkan beragam kapasitas. 

Fitur Office pun telah disematkan ke beberapa ponsel utamanya smartphone yang telah membantu para pekerja ataupun profesional bisa bekerja dimanapun. Apalagi, internet telah menjadi hal wajib yang ada di setiap ponsel. Fitur-fitur produktivitas ini telah mengubah dunia profesional dan bisnis lebih mudah dilakukan dimanapun. Perkembangan teknologi makin membuat orang semakin mobile dalam mengerjakan apapun, kapanpun, dan dimanapun. 

Sebuah Gaya Hidup 

Ponsel memang tak lagi hanya merupakan alat komunikasi saja. Ponsel telah berubah menjadi sebuah gaya hidup. Dengan terintegrasinya internet serta berkembangnya penggunaan media sosial menjadi alasannya. Ponsel pun tak bisa dilepaskan dari penggunaan keseharian. 

Hampir semua penggun ponsel pintar saat ini menggunakannya untuk mengakses media sosial. Tak terbatas hanya untuk bekerja yang serius saja. Ponsel pintar tak lagi didominasi pekerjaan dalam penggunaannya, namun juga hiburan dan sosial. 

Khusus untuk media sosial, banyaknya pengguna menjdi momen bagi penyedia layanan media sosial saling berebut hati para pengguna ponsel pintar. Tak serepot dulu yang harus membuka browser untuk mengaksesnya, kini media sosial telah berwujud aplikasi yang terintregrasi. Menciptakan beragam hobi dan sebutan macam twips, facebooker dan juga blogger. Semua sebutan itu menjadi tanda ketika teknologi telah menjadi bagian kehidupan dan keseharian. 

Orang kini pun seolah bisa membedakan seseorang dari ponsel yang dimiliki. Misalnya iPhone dan Windows Phone yang serius ataupun Android yang lebih friendly. Meski tidak 100% tepat, setidaknya bisa jadi sebuah gambaran betapa teknologi telah menguasai keseharian dan peradaban umat manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver