Ponsel Fitur Baiknya Tetap Ada

Di era teknologi komunikasi yang telah sampai generasi ke-empat (4G), kebutuhan akan ponsel semakin besar. Apalagi dengan semakin berkembangnya ponsel pintar (smartphone) yang makin memudahkan kebutuhan dan pekerjaan setiap harinya. Tak hanya komunikasi semata, namun juga sudah menjadi sebuah gaya hidup. 

Di tengah perkembangan ponsel pintar saat ini, mungkin saja beberapa diantara kita masih mempertahankan ponsel fitur (feature phone). Bisa jadi sebagai ponsel utama, namun kebanyakan menjadi pendamping ponsel pintar. Ada beberapa alasan masih bertahannya pemakaian ponsel fitur hingga saat ini : 

1. Kebutuhan Komunikasi yang Cepat 

Kebutuhan komunikasi saat ini menjadi hal yang begitu penting. Telepon dan SMS tetap menjadi fitur yang sangat membantu untuk lebih cepat saling berkomunikasi. Mungkin memang sudah ada aplikasi messaging di ponsel pintar yang bahkan menawarkan telepon gratis. Namun, patut diakui belum ada yang bisa mengalahkan keefektifan bertelepon dan SMS menggunakan ponsel keypad. Apalagi menggunakan ponsel pintar yang layar sentuh, tidak akan seefektif dan secepat kita berkirim pesan menggunakan ponsel fitur ber-keypad.

2. Ketahanan Baterai yang Kuat 

Ok, kelemahan ponsel pintar dari segi daya tahan baterai bisa ditutupi oleh hadirnya powerbank, namun tetap, kehandalan tak bisa dibandingkan dengan penggunaan baterai ponsel fitur yang bahkan bisa bertahan berhari-hari. Karena alasan inilah, ponsel fitur kerap menjadi "cadangan" di kala ponsel pintar kehabisan baterai. 

3. Kebutuhan Data yang Tidak Terlalu Besar 

Beberapa ponsel fitur telah mendukung layanan data, meski hanya 2G. Untuk media sosial serta perpesanan yang menjadi trend di Indonesia, teknologi 2G ini sebenarnya sudah cukup daripada harus menggunakan ponsel pintar. Hanya saja, memang sinyal data 2G di Indonesia kadang masih kurang stabil. 

4. Harga yang Murah 

Tidak seperti belasan tahun yang mungkin harga ponsel fitur berkisar jutaan rupiah, kini lebih terjangkau. Bagi orang yang hanya membutuhkan komunikasi dasar yakni telepon dan sms, hal ini menjadi sebuah kabar gembira. Biasanya ponsel fitur digunakan untuk mendukung komunikasi. 

Ponsel tetaplah menjadi alat pendukung pekerjaan dan komunikasi kita. Mana ponsel yang cocok untuk kita, hanya diri sendiri yang tahu. Apakah ponsel pintar apakah ponsel fitur yang sederhana, semua kembali pada pilihan masing-masing individu. Saya sendiri menggunakan keduanya untuk proporsi dan kebutuhan yang berbeda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver