Karena Ingatan Manusia Terbatas

Satu foto bisa saja berisi beragam cerita. Foto juga merupakan gambaran sebuah momen yang bisa membangkitkan memori kapan saja dilihat. Tak hanya foto saya rasa, ada pula rekaman suara maupun video. Semua sama saja, merupakan sebuah media yang berguna membangkitkan memori sebuah momen. Dari hal sederhana hingga yang penting sekalipun.

Kini era teknologi makin berkembang. "Pengingat" memori pun tak hanya beredar di foto pun rekaman semata. Internet telah mengubah banyak hal. Apapun yang kita catat ataupu masukkan di internet akan terekam dan kapan saja kita membutuhkan tinggal membukanya. Makin mudah kala ponsel pintar saat ini memiliki kemampuan akses internet kapan saja dan dimana saja.

Terkadang, menurut saya internet telah membuat seorang manusia tak lagi harus mengingat segala hal. Semua bisa dicatat disana. Sebut saja instagram yang tidak banyak memakan tempat seperti album foro konvensional. Daya tahan pun lebih lama ketimbang metode tradisional. Ada sisi baik dan buruk memang ketika manusia tak lagi harus mengingat banyak hal. Kita fokus ke hal positif saja.

Internet memudahkan apapun. Pun dengan perjalanan kehidupan. Di era digital saat ini, perjalanan kehidupan seolah terekam di internet. Taruhlah ketika melamar pekerjaan, beberapa perusahaan bahkan menelusuro rekam jejak calon karyawannya di internet. Semua karena saat ini seolah semua orang paling tidak memiliki satu akun media sosial. Dan perjalanan hidup masing-masing orang terekam disitu yang menjadi gambaran siapa orang tersebut. Akun media sosial merupakan perwakilan sebuah identitas di internet.

Semua saat ini saling terhubung. Orang satu dengan yang lain, dimanapun tak lagi mengenal jarak. Media ponsel pintar telah mengubah semua jadi mendekat. Tak perlu bertatap muka untuk saling berinteraksi. Media sosial telah mengakomodir semuanya. Pemikiran kita, apa yang kita rasakan menjadi sebuah pilihan, apakah hendak berbagi dengan orang lain atau tidak.

Ponsel pintar saat ini telah memiliki segala hal guna "mencatat" semua aktivitas kita. Minimal memiliki kamera untuk memotret ataupu merekam segala yang ingin kita abadikan. Kemudian tergantung dengan kemauan kita apakah sekedar menyimpan atau berbagi dengan yang lain, kemampuan ponsel yang senantiasa terhubung dengan internet telah mampu mengakomodirnya.

Dunia digital akan semakin berkembang. Apapun bisa kita catat dan simpan. Tak perlu terlalu keras mengingat setiap hal, kini dengan mudah mungkin bisa membuka file di cloud ataupun media sosial kita guna membantu kita melihat kembali sebuah momen yang kita inginkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver