Mematikan Jaringan 2G? Tunggu!

Tahun 2018 ini, saya masih berkeyakinan masih banyak yang menggunakan ponsel 2G. Biasanya, pengguna ponsel ini hanya untuk telepon dan SMS saja. Maklum, jika digunakan untuk berinternet, kualitas jaringannya sangat lamban unuk jaman sekarang dimana sinyal 4G sudah semakin merata.

Beberapa waktu yang lalu, Smartfren telah mematikan layanan CDMA-nya. Dengan demikian, sudah tidak ada lagi layanan CDMA (2G ataupun 3G) yang bertahan di Indonesia. Maklum, Smartfren adalah operator CDMA terakhir yang mampu bertahan, saat ini lebih fokus mengembangkan jaringan 4G LTE.

Lantas bagaimana dengan nasib pengguna jaringan 2G GSM? Agak dilematis, mengingat masih banyak juga penggunanya. Bukan hanya pengguna feture phone saja, namun juga pengguna smartphone dual sim yang biasanya jaringan nomor kedua di-lock pada jaringan 2G.

Saya secara pribadi pun masih menggunakan jaringan 2G untuk bertelepon meski tidak terlalu sering. Beberapa kali sih teman menelepon menggunakan WhatsApp, namun menurut saya saat ini kualitasnya tidak sebaik telepon langsung. Saya pun menggunakan dua ponsel, satu smartphone khusus untuk internet dan layanan digital lainnya, dan satunya smartphone guna telepon dan SMS, yang meski akhir-akhir ini makin jarang, namun tetap saya perlukan.

Sebenarnya, pemerintah berencana untuk mematikan jaringan 2G, agar masyarakat beralih ke jaringan yang lebih baik yakni 3G dan 4G. Hanya saja, migrasi pengguna 2G ke jaringan lain tidaklah mudah. Saran saya, ada baiknya mulai menyediakan ponsel yang lebih terjangkau. Minimal ada feature phone dengan jaringan 3G. Untuk saat ini memang sudah ada, namun penetrasinya saya rasa belum terlalu maksimal. Pengguna feature phone 2G biasanya memiliki ponsel yang awet, dan merasa sayang untuk berganti. Mereka lebih “loyal” pada ponselnya ketimbang pengguna smartphone yang biasanya mengganti device-nya setahun sekali. Namun seiring dengan perkembangan dan edukasi, cepat atau lambat pengguna 2G yang penuh keterbatasan pun akan beralih, tinggal menunggu waktu. Dan ketika saat itu tiba, barulah rencana mematikan jaringan tersebut dapat terlaksana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver