Perlu RAM Berapa di Smartphone?

RAM (Random Access Memory) adalah salah satu komponen penting pada sebuah ponsel pintar (smartphone), mudahnya komponen ini berguna untuk mengerjakan beberapa tugas secara bersama-sama. Karena pengguna ponsel saat ini gemar membuka beragam aplikasi secara bersamaan, menjadikan produsen berlomba-lomba mengeluarkan ponsel dengan spesifikasi RAM yang besar. Ambil contoh Infinix Zero 5 dengan 6 GB RAM serta OnePlus 5T dengan 8 GB RAM. Sebenarnya berapa minimal RAM yang diperlukan agar bisa nyaman menggunakan sebuah ponsel?

Jawaban antara pengguna satu dengan yang lain amat beragam. Saya sendiri bukanlah orang yang kerap melakukan multitasking. Saya hanya membuka aplikasi yang hendak digunakan, dan menutupnya ketika selesai. Hanya saja, beberapa aplikasi seperti chatting saya tetap biarkan berjalan di background.

Dengan pemakaian ala saya, menggunakan ponsel untuk media sosial, dan chatting serta beberapa tugas ringan seperti browsing dan menulis catatan, RAM sebesar 1,5 GB milik LG K8 LTE pun sebenarnya sudah cukup. Saya masih bisa menggunakannya secara nyaman. Notifikasi media sosial saya matikan karena sebenarnya tidak terlalu perlu, hanya notifikasi chatting saja yang diprioritaskan. Namun bagi seorang gamer ponsel tentu saja tidak bisa disamakan penggunaannya seperti saya. Seorang gamer memerlukan ponsel dengan RAM yang besar (dan prosessor yang bagus) agar bisa bermain game dengan nyaman.

Kesimpulannya, pemilihan ponsel kembali pada kebutuhan pengguna. Jika memaksakan ponsel dengan RAM kecil pada pekerjaan yang berat, akan menjadikan ponsel semakin terbebani, lemot dan menimbulkan ketidaknyamanan. Sebaliknya, jika kebutuhan hanya seputar pekerjaan ringan, tentunya sia-sia menggunakan ponsel dengan RAM besar yang kemungkinan juga mahal dari segi  harga. Semua kembali pada kebutuhan masing-masing, yang jelas RAM besar lebih dari 4 GB mungkin akan dapat digunakan dalam jangka panjang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver