Tiga Aplikasi Mobile dari Microsoft yang Cukup Berguna

Microsoft merupakan raja di ranah komputer. Mayoritas pengguna PC dan laptop akan menggunakan OS Windows dari Microsoft. Tak seperti di komputer, Microsoft tampaknya agak keteteran bersaing di kebutahan perangkat mobile. Sempat mencoba dengab Windows Phone namun gagal, kini Microsoft tak seagresif bertarung di dunia mobile. Akan tetapi, menurut saya setidaknya ada 3 aplikasi dari Microsoft yang sangat berguna ketika digunakan secara mobile baik itu untuk ponsel maupun tablet. Berikut ketiga aplikasi tersebut.

1. Microsoft To-Do
Aplikasi ini baru saya gunakan beberapa hari. Setiap harinya, mungkin ponsel saya adalah barang elektronik yang paling sering saya pegang dan bawa kemana-kemana. Saya termasuk orang yang gampang lupa dengan tugas dan janji. Sesuai namanya, aplikasi ini bisa menjadi pengingat (alarm) dan mengatur semua kegiatan kita setiap harinya. Aplikasi ini berfungsi selayaknya sekretaris yang akan mengingatkan jadwal kita. Bagi Anda yang gampang lupa seperti saya, ada baiknya menggunakan aplikasi ini agar lebih terjadwal dalam aktivitas sehari-hari.
2. Microsoft OneNote
Sebenarnya aplikasi ini pernah saya uninstal, namun belakangan saya kembali menggunakannya. Sebelumnya saya menggunakan aplikasi Keep dari Google, namun rasanya Microsoft OneNote ini lebih nyaman digunakan. Berbeda dengan Keep, aplikasi ini lebih rapi apabila digunakan untuk menulis catatan. Ini merupakan alasan utama saya kembali menggunakan OneNote. Dengan aplikasi ini, saya menggunakannya sebagai pendamping Google Keep. Tulisan-tulisan untuk blog yang biasanya saya tulis melalui Keep kini saya pindahkan dengan menulis di OneNote. Untuk aplikasi Keep hanya saya gunakan menulis catatan kecil.
3. Microsoft Outlook
Aplikasi yang terakhir ini tidak terlalu urgent sih, karena setiap ponsel tentu saja memiliki aplikasi Gmail yang bisa dimasukkan aplikasi Email apa saja. Hanya saja, aplikasi Outlook ini secara user interface (tampilan) terlihat lebih sederhana dan rapi ketimbang Gmail. Saya biasanya menggunakan aplikasi email bawaan ponsel ketika hendak memasukkan email kantor, namun untuk ponsel Android One (yang hanya memiliki aplikasi Gmail sebagai bawaan) saya lebih memilih menggunakan Microsoft Outlook. Alasan utamanya ya tadi, aplikasi ini lebih rapi tampilannya ketimbang Gmail yang agak rame menurut saya.
Salah satu keunggulan menggunakan tiga aplikasi tersebut adalah mudahnya sinkronisasi antara ponsel, tablet, dan laptop saya. Berterimakasihlah saat ini zaman serva internet, segalanya lebih cepat. Sinkronisasi setiap aplikasi sudah hampir hitungan detik menggunakan koneksi internet. Kemudahan sinkronisasi inilah yang menjadikan alasan utama saya memilih ketiga aplikasi ini agar hidup lebih produktif dan teratur. Kita bisa memulai dari platform satu dan melanjutkan kapanpun dengan platform yang lain. Misalnya mulai menulis di OneNote dengan ponsel dan melanjutkannya dengan laptop di waktu lainnya. 

DISCLAIMER : Tulisan ini merupakan murni pendapat saya, tidak ada campur tangan pihak manapun. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver