5 Tips untuk Keamanan Facebook Mobile

PHOTO: Facebook Messaging app for Android received an update on Sept. 20, 2012.
Foto : ABC
 
Siapa Anda bisa dilihat dari akun Facebooknya. Baik itu secara publik atau rahasia, isi Facebook dapat mendefinisikan siapa Anda dan apa kegiatan Anda secara profesional, komersial dan sosial. Foto kenang-kenangan, dan pesan pribadi dapat menjadi pertukaran rahasia. Di sisi lain, hal itu adalah identitas Anda yang tentunya ingin dilindungi.

Tapi Anda mungkin tidak melakukannya secara maksimal untuk mengamankan akun. Anda dapat membawa Facebook kemana-mana dengan ponsel Anda, tetapi apakah itu aman? Facebook Mobile membuat Anda lebih rentan terhadap percobaan pembajakan dan pencurian identitas.


Berikut adalah lima cara untuk memastikan Anda terbebas oleh penyusup potensial dalam ponsel Anda.


1. Mengunci perangkat Anda. 

Sudah dilakukan? Mungkin iya, tapi lebih dari 30% orang tidak menggunakan password untuk melindungi perangkat mobile mereka.

Ini adalah baris pertama pertahanan jika ponsel Anda hilang atau dicuri. Anda harus melindunginya dengan kode akses pada ponsel Anda - tidak hanya untuk melindungi akun Facebook, tapi untuk informasi sensitif lainnya, juga. Pikirkan email pekerjaan, dokumen penting, info perbankan akan senantiasa terpapar dengan bebas pada ponsel yang tidak dilindungi. 


Jika Anda memiliki iPhone, maka mungkin perangkat Anda telah terkunci, tetapi jika Anda ingin mengamankan lebih jauh, dan membuat kode sandi yang lebih kuat pada ponsel Anda. Lihat di General Settings > Passcode Lock. Matikan opsi Simple Passcode (yang membatasi  hanya empat digit) dan buat kode lagi yang cocok untuk anda. 
Anda juga dapat mengatur ponsel Anda untuk menghapus data setelah sejumlah upaya gagal saat menembus kode akses. 

2. Gunakan password yang berbeda untuk email dan akun Facebook.
 Tiga-perempat dari pengguna web memilih password tunggal untuk semua akun mereka, dan kode yang paling umum biasanya mudah ditebak ( favoritnya biasanya "123456" dan "password"). Beberapa digit yang lebih panjang, campuran antara huruf atau simbol  dapat meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan sandi Anda. Luangkan waktu untuk membuat beberapa password untuk akun Anda, terutama untuk Facebook, yang menampung banyak info pribadi. 

3. Pastikan Browsing Aman aktif.
Facebook telah menawarkan opsi browsing aman sejak 2011. Tanpa HTTP Secure (HTTPS) koneksi data Anda terbuka untuk serangan setiap kali Anda menggunakan Wi-Fi (contohnya, di Starbucks atau lobi hotel). 

Ada satu kelemahan: enkripsi HTTPS dapat memperlambat Facebook Anda, dan sudah menjadi keluhan umum di ponsel. Hindari Wi-Fi tak terlindungi dan gunakan layanan 3G/4G selular Anda untuk mencegah potensi penyadapan. 

4. Aktifkan pemberitahuan dan persetujuan login.
Untuk memastikan account Anda hanya diakses kapan dan di tempat yang Anda tentukan, maka Anda harus mengaktifkan fitur ini. Facebook akan mengirimkan pemberitahuan setiap kali akun Anda diakses dari lokasi yang baru (Anda harus memberikan nomor ponsel untuk dikirimi SMS, jika Anda belum memilikinya). 

Setelah Anda menetapkan nama untuk perangkat Anda yang paling sering digunakan, Anda akan mendapatkan peringatan jika seseorang memasukkan account Anda pada komputer asing, telepon atau tablet. Dan jika seseorang meretas account Anda, Anda akan menerima instruksi untuk mereset password Anda dan mengamankan akun Anda. 
Mirip dengan dua langkah verifikasi, persetujuan login akan meminta Anda untuk kode khusus setiap kali Anda mencoba untuk mengakses account dari perangkat baru. 

5. Gunakan "Contact Trusted." 
Ini inovasi terbaru dari Facebook meminta Anda untuk memilih sekelompok kecil teman-teman yang dapat diandalkan. Dalam hal Anda tidak dapat mengakses akun Anda, dan bahkan pertanyaan keamanan tidak membantu, Facebook akan mengirimkan kode yang berbeda untuk teman-teman Anda. Bila Anda menempatkan mereka secara bersama-sama, Anda dapat kembali masuk 

Itu berarti Anda harus memilih teman-teman yang Anda tahu dan dapat menghubunginya dengan cepat. Anda juga harus memilih seseorang yang tidak akan keberatan mengirimkan kode. 

Sumber : ABC

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver