Perjalanan Panjang Facebook

Facebook memulai debutnya di pasar saham tahun lalu pada 18 Mei yang merupakan salah satu IPO terbesar dalam sejarah dan yang terbesar oleh perusahaan internet. Nilai pasar jejaring sosial ini adalah lebih dari $ 100 miliar.

Sekarang, saham Facebook diperdagangkan sekitar 30 persen lebih rendah dan belum mencapai harga IPO sebesar $ 38 per saham. Hari ini, Facebook bernilai sekitar $ 63 miliar. 
Pada tahun pertama sejak penawaran perdana, Facebook telah meluncurkan banyak fitur baru, termasuk fitur pencarian dan integrasi ke dalam smartphone Android dan komputer tablet. Facebook juga melampaui angka 1 miliar pengguna. 


Berikut adalah beberapa perkembangan penting dalam sejarah Facebook : 

Februari 2004: Mark Zuckerberg mulai proyek Facebook saat masih menjadi seorang mahasiswa di Universitas Harvard. 

Maret 2004: Facebook mulai memungkinkan orang dari perguruan tinggi dan universitas lain untuk bergabung. 

Juni 2004: Facebook berpindah kantor pusat ke Palo Alto, California 

September 2004: Facebook memperkenalkan Wall (Dinding), yang memungkinkan orang untuk menulis hal pribadi dan lain sebagainya pada halaman profil. Facebook menjadi sasaran gugatan yang mengklaim bahwa Zuckerberg mencuri ide untuk jejaring sosial dari perusahaan yang didirikan oleh si kembar Cameron dan Tyler Winklevoss, dan seseorang dari Harvard. 

September 2005: Facebook memperluas jaringan dengan memasukkan Sekolah Menengah Atas ke dalam Profil. 

Mei 2006: Facebook memperkenalkan jaringan tambahan, memungkinkan orang dengan alamat email perusahaan untuk bergabung. 

September 2006: Facebook mulai memperbolehkan siapa pun yang berumur lebih dari 13 tahun bergabung. Ia juga memperkenalkan News Feed, yang mengumpulkan posting dari teman ada di satu tempat. Meskipun menerima keluhan tentang privasi, News Feed menjadi salah satu fitur Facebook yang paling populer. 

Mei 2007: Facebook meluncurkan Platform, sebuah sistem untuk membiarkan programmer luar mengembangkan alat untuk berbagi foto, membuat kuis dan bermain game. Sistem ini mengembangkan ekonomi Facebook dan memungkinkan perusahaan seperti pembuat game Zynga Inc untuk berkembang. 

Oktober 2007: Facebook setuju untuk menjual 1,6 persen saham kepada Microsoft senilai $ 240 juta dan bekerjasama di bidang periklanan. 

November 2007: Facebook memperkenalkan Program Beacon, sebuah fitur yang memperlihatkan kegiatan penggunanya di puluhan situs diluar Facebook.
 

Maret 2008: Facebook menunjuk Sheryl Sandberg sebagai chief operating officer, mantan eksekutif Google Inc 

April 2008: Facebook memperkenalkan Obrolan (Chat). 

Februari 2009: Facebook memperkenalkan "Like," memungkinkan orang untuk menyukai (setuju) dengan tulisan orang lain. 

Juni 2009: Facebook melampaui Myspace sebagai jaringan sosial online terkemuka di AS 

Agustus 2010: Facebook meluncurkan fitur lokasi, yang memungkinkan orang untuk berbagi di mana mereka berada dengan teman-teman mereka. 

Oktober 2010: "The Social Network," film tentang Zuckerberg dan 'pertarungan' hukum atas pendiri Facebook. Film ini meraih delapan nominasi Academy Awards dan memenangkan tiga piala. 

Juni 2011: Google meluncurkan jejaring sosial saingan disebut Google Plus. Si kembar Winklevoss menyudahi pertempuran hukum mereka atas ide di balik Facebook. Mereka telah 'berdamai' dengan Facebook untuk $ 65 juta pada tahun 2008. 

September 2011: Facebook memperkenalkan Timeline, versi baru dari halaman profil. Ini dimaksudkan untuk menunjukkan highlights dari seluruh kehidupan seseorang pada posting terbaru. 

November 2011: Facebook setuju untuk mendapatkan tuduhan federal pelanggaran privasi pengguna dengan mengajak orang untuk berbagi informasi lebih banyak daripada yang mereka setuju ketika mereka mendaftar ke situs. Facebook setuju untuk mengijinkan auditor independen untuk meninjau praktik privasi nya selama dua tahun. Mereka juga setuju untuk mendapatkan persetujuan dari pengguna sebelum mengubah cara perusahaan menangani data mereka. 

Desember 2011: Facebook pindah ke Menlo Park, California. 

Januari 2012: Facebook mulai mewajibkan penggunaan Timeline. 

April 2012: Facebook mengumumkan berencana untuk membeli Instagram, sebuah jejaring sosial berbagi-foto, sebesar $ 1 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Facebook juga mengungkapkan pihaknya berencana untuk mendaftarkan sahamnya di Nasdaq dengan simbol "FB." 

Mei 2012: Facebook menetapkan kisaran harga $ 28 sampai $ 35 untuk IPO, kemudian meningkat menjadi $ 34 sampai $ 38. Pada tanggal 17 Mei, Facebook menentukan harga IPO di $ 38 per saham, dan saham mulai diperdagangkan hari berikutnya. Minggu berikutnya, harga saham mulai jatuh di tengah kekhawatiran kemampuan Facebook untuk menjaga pertumbuhan pendapatan dan menjual iklan pada perangkat mobile. 

Bulan itu, Facebook juga update kebijakan untuk memberikan pengguna kejelasan lebih lanjut tentang bagaimana informasi yang mereka bagi digunakan oleh perusahaan. 
Agustus 2012: Facebook update aplikasi untuk iPhone dan iPad.
 

September 2012: Facebook resmi membeli Instagram. Dengan harga saham Facebook yang lebih rendah, kesepakatan ini kini bernilai sekitar $ 740 juta. 

Oktober 2012: Facebook mengatakan telah memiliki 1 miliar pengguna aktif. 

Desember 2012: Facebook memperkenalkan "Poke". 

Januari 2013: Facebook memperkenalkan fitur pencari yang memungkinkan pengguna dengan cepat menyaring melalui hubungan sosial mereka untuk informasi tentang orang-orang, minat, foto dan tempat. 

Maret 2013: Chief Operating Officer Sheryl Sandberg menerbitkan buku pentingnya perempuan untuk mendapatkan peran kepemimpinan. 

April 2013: Facebook memperkenalkan Facebook Home, pengalaman baru untuk ponsel Android. Ide di balik layanan Beranda baru untuk membawa konten Facebook ke layar awal ponsel, sehingga pengguna tidak perlu memeriksa aplikasi pada perangkat.

Sumber : ABC

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver