Fitur Pada Ponsel yang Sering Diremehkan Padahal Berguna

Meskipun saat ini sedang marak ponsel pintar (smartphone), bukan berarti ponsel biasa dengan fungsi-fungsi dasar sudah tidak memiliki penggemar. Bagi orang berkantong pas-pasan, memiliki ponsel yang hanya dijadikan SMS dan bertelepon sudah bisa membantu pekerjaan mereka sehari-hari. Sebenarnya dari dulu, fitur-fitur ponsel sudah mampu menjadi asisten pribadi yang memudahkan segala pekerjaan. Berikut ini beberapa contoh fitur sederhana pada ponsel yang sering diremehkan, namun sangat berguna jika dimaksimalkan. Fitur-fitur ini kebanyakan ada di semua jenis ponsel, dari yang mulai sederhana sampai ponsel canggih.

Kalender
Biasanya, fungsi kalender pada ponsel jadi satu paket dengan agenda. Fungsi menonjol pada kalender adalah mengorganizer kegiatan-kegiatan maupun janji kita sehari-hari. Dengan fitur ini, sebenarnya kehidupan kita akan makin terjadwal, dan tidak melupakan janji yang telah dibuat. Selain itu, dengan fitur ini kita bisa menyimpan tanggal-tanggal ulang tahun teman-teman maupun orang-orang yang kita sayangi, sehingga sesibuk apapun, aplikasi ini akan mengingatkan kita sehingga tidak terlambat mengucapkan selamat ulang tahun. Pun juga untuk kaum perempuan, fitur ini bisa digunakan untuk mencatat tanggal 'tamu bulanan'.

Alarm
Saat ini, mungkin sudah tidak zamannya lagi menggunakan jam weker. Bagi anak kost, apalagi yang jomblo (hehe..) fitur alarm berguna sekali menghindarkan kita dari keterlambatan. Dari mulai bangun tidur, jam makan dan lain sebagainya. Sama seperti kalender, alarm juga berguna untuk lebih membuat jadwal kita lebih tertata, dan tidak akan ada lagi istilah jam karet.

Kalkulator
Hampir semua ponsel tipe apapun memiliki fungsi ini. Ya, meskipun tidak sering digunakan, namun kalkulator bisa menjadi fitur yang akan membantu di saat tertentu. Bagi yang berbisnis online, saat COD atau ketemuan tidak usah menenteng kalkulator kemana-mana, karena ponsel kita juga memiliki fitur untuk media menghitung. Selain kalkulator, biasanya di ponsel-ponsel tertentu ada pula fitur measurement (pengukuran) dari mulai mengukur panjang, berat, bahkan kurs mata uang. Saya sendiri sangat terbantu dengan adanya kedua fitur ini, karena suatu saat ketika kondisi di jalan, dan harus berhitung, tinggal buka ponsel pun bisa.

Memo (Pengingat)
Membuat catatan penting, selain di save as draft di menu SMS juga dapat dilakukan di memo. Bahkan jika menurut saya, alangkah lebih baiknya catatan-catatan penting seperti alamat seseorang, maupun nomor rekening dicatat di memo, karena jika di menu draft sms, kadang secara tidak sengaja akan terhapus. Tentu saja, jika ada data-data penting di ponsel, termasuk di memo kita, ada baiknya semua diamankan dengan kode password, sehingga saat terjadi sesuatu pada ponsel kita, tidak akan dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Lampu Senter
Pada beberapa ponsel yang harganya masih di bawah 300 ribu, sering menambahkan fungsi lampu senter pada perangkatnya. Ini juga sangat berguna, terutama saat mencari sesuatu di tempat yang kurang cahaya. Misalnya kondisi mati lampu dan kita hendak berjalan, maka disinilah fitur lampu senter menjadi berguna.

Kamera
Beberapa ponsel keluaran terbaru, dari yang murah sampai yang mahal, kadang dibenamkan pula fitur kamera. Namun, di ponsel-ponsel low end, fitur kamera ini sepertinya hanya menjadi fungsi pelengkap saja. Kualitasnya kadang jauh dari kata bagus. Tidak bisalah kita mengharapkan resolusi yang bagus hingga menghasilkan foto keren untuk dishare di media sosial, hasil jepretannya kurang memuaskan. Tapi, bukan berarti fitur kamera di ponsel-ponsel itu tidak berguna. Bayangkan saja, bila suatu saat Anda parkir di mall yang penuh, dan parkirannya luas, maka Anda bisa memotret kode tempat parkir Anda dengan menggunakan kamera ponsel, bila hendak mencari tempat memarkir kendaraan tadi, bisa dilihat dari foto hasil jepretan, hingga tak perlu muter-muter mencarinya. Yang jelas, fitur ini sangat berguna saat kita ingin mengingat sesuatu sementara waktu, tinggal jepret saja, lalu nanti bisa dilihat kembali. Hal ini juga bisa dilakukan ketika kita di jalan menjumpai restoran atau tempat-tempat baru dan ingin suatu saat mengunjunginya, bisa memotret nama tempat dan alamatnya, praktis. 

Setiap ponsel dari mulai kelas low end hingga yang tercanggih memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal bagaimana si pemegang yang memaksimalkan. Bahkan dari ponsel sederhana pun sebetulnya bisa sangat membantu pekerjaan kita. Jadi, jangan remehkan ponsel Anda.

Komentar

qinkqonk mengatakan…
tambah satu lagi fitur ponsel yang sering dilupakan..

MENELEPON!!!!

sekarang semuanya demen texting, kalo nelpon selalu alesan ga ada pulsa
hahahaha
IWAN mengatakan…
sebenarnya, kalo texting, dari dulu sudah cukup pake sms...lebih murah, ga pake PIN-PINan, semua ponsel bisa :)

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver