Museum Nokia

Beberapa waktu yang lalu, Microsoft secara resmi mengakuisisi Nokia. Memang dalam beberapa tahun terakhir, Nokia mengalami krisis. Angka penjualan ponselnya semakin lama semakin turun, kalah bersaing dengan Samsung, Apple, bahkan Blackberry. Padahal, dulunya sebelum smartphone mulai ngetren, Nokia muncul sebagai ponsel sejuta umat. Hampir setiap orang pernah memiliki ponsel yang satu ini. Bahkan, ponsel pertama saya juga Nokia 2100, sekarang masih ada barangnya namun tidak bisa dipakai (hehe,..). Nah karena ponsel ini begitu fenomenal, munculnya situs web yang didedikasikan untuk merk tersebut,  nokiamuseum.info  namanya. Dari mulai Nokia Mobira Senator yang diperkenalkan pada Januari 1982 hingga produk mutakhir yakni Nokia Lumia 1020, semua lengkap bisa dilihat gambar dan spesifikasinya. Salut banget sama yang punya website ini. Keren. Berikut beberapa diantara produk Nokia yang saya ambil informasinya dari website tersebut

Nokia Mobira Senator (Januari 1982)
Nokia Mobira Senator 

Saya tidak tahu apakah produk ini memang dipakai untuk menelepon menggunakan nomor telepon ataukah bagaimana, saya sendiri kurang paham. Maklum lah, tahun segitu pun saya belum lahir (serius!). Bentuknya mirip Radio zaman dulu. Dan dilihat-lihat, sepertinya produk nokia yang satu ini tidak bisa dipakai untuk berkirim SMS (FYI : sms pertama itu tanggal 3 Desember 1992). Berat Nokia Mobira Senator adalah 9.800 gram, sangat merepotkan dibawa kemana-mana, apalagi dimasukkan ke dalam saku.

 Nokia 1011

 


 

   












Menurut detik inet ponsel ini adalah handset pertama yang dijual secara massal ke publik dan dikenalkan pada Oktober 1992. Namun, sepertinya ponsel ini masih belum bisa dipakai di Indonesia, mengingat, operator GSM pertama Indonesia, yakni Telkomsel baru ada tahun 1995. Beratnya 475 gram. Saya baca sih, ponsel ini memiliki fitur untuk SMS, namun mungkin saja masih belum bisa digunakan.



Nokia 2110
Nokia 2110i 

Nah kalo yang ini, ringtonenya bermacam-macam, ga melulu 'kring..kring'. Dan ponsel ini memiliki kemampuan mengetahui nomor terakhir yang melakukan panggilan, menerima panggilan dan missed call. Ponsel ini diperkenalkan pada Februari 1994, dan sudah bisa dipakai menghubungi nomor luar negeri dengan fungsi tombol (+).


Nokia 5180

Nokia 5180

Nah, kalo ini saya ingat betul, ini adalah ponsel pertama keluarga saya. Diperkenalkan pada Februari 1999. Nah, saat itu tarif menelpon dan sms masih sangat mahal, kalo tidak salah menelpon Rp. 1.200 per 30 detik dan Rp.350/sms. Kami sekeluarga hanya punya satu, dan memakainya pun bergantian.



Nokia 3310
Nokia 3310 
Ponsel ini, merupakan ponsel yang sangat legenaris di zamannya. Banyak yang mengatakan ponsel ini tahan banting. Diperkenalkan pada September 2000.



Nokia 2100
Nokia 2100  
Nah, kalo yang ini adalah ponsel pertama saya. Meskipun diperkenalkan pada November 2002, saya baru bisa membelinya pada tahun 2005, dan itupun saya membelinya sudah bekas. Dan ponsel ini cukup awet, saya pakai hingga hampir 5 tahun. Barangnya masih ada, namun entah mengapa sekarang tidak bisa dinyalakan.

Itulah beberapa ponsel nokia dari masa ke masa, hanya beberapa yang saya share disini, untuk lebih jelas dan melihat-lihat ponsel yang lain, Anda bisa mengunjunginya nokiamuseum.info. Saya yakin banyak orang yang memiliki cerita tersendiri dengan ponsel Nokianya. Jadi, mana ponsel Nokia pertamamu?

__________

Source :
http://nokiamuseum.info/
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_produk_Nokia
http://inet.detik.com/read/2013/09/10/093641/2354023/317/1/ponsel-hitam-putih-nokia-yang-jadi-legenda
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver