Ponsel Si Teman Manusia

Dari mulai bangun tidur, hingga kembali terlelap, dalam setiap harinya kehidupan kita sekarang ini tak bisa dilepaskan dari telepon seluler (ponsel). Ya, benda kecil ini senantiasa menemani keseharian kita. Ponsel saat tidak telah berkembang fungsinya, dari hanya sekedar untuk berkomunikasi, hingga menjadi penyimpan file penting serta gaya hidup lainnya. Sehari saja, rasanya kita tidak mungkin dapat melepaskan diri dari pengaruhnya.

Ponsel telah mengalami perkembangan menjadi media yang mampu memudahkan kesehariannya manusia. Fitur-fitur pada komputer, saat ini bisa didapatkan di beberapa ponsel canggih, menjadikan benda ini sebagai bagian tak terlepaskan dari kehidupan. Manusia membutuhkan ponsel untuk berkomunikasi dan menjelajahi internet, menyimpan file-file penting di storage online (cloud) atau bahkan mengorganizer agenda kita secara rapi. Semua itu kini semakin dimudahkan dengan kecanggihan ponsel yang semakin berkembang.

Seiring dengan perkembangan kehidupan manusia, peran ponsel dirasa akan semakin penting. Ponsel menjadi teman keseharian manusia dalam bekerja pun berinteraksi pada orang lain. Perkembangan media jejaring sosial sebagai bahan aktualisasi diri manusia menjadi awal permulaan kebutuhan untuk eksis di dunia maya, dan hampir semua ponsel keluaran saat ini pasti mendukung fungsi ini. Kebutuhan manusia untuk tetap eksis dan saling berinteraksi dengan teman-teman di Facebook dan Twitter menjadi mula revolusi perkembangan dunia ponsel. Dahulu, sekitar awal tahun 2000an, sebenarnya banyak telepon seluler yang telah memiliki fitur internet, hanya saja tidak sebooming ketika jejaring sosial Facebook dan Twitter mulai memberi pengaruh. Di saat ini, kebutuhan untuk senantiasa update di segala kondisi, memaksa produsen ponsel membekali produk mereka dengan fitur memudahkan ke jejaring sosial. Inilah perkembangan ponsel yang pertama, selain untuk berkomunikasi melalui suara dan teks (SMS) juga memudahkan manusia di ranah maya melalui jejaring sosial. Manusia tak lagi harus menyalakan komputer, cuma dengan bantuan ponsel mereka.

Bahkan, jejaring sosial pun semakin berkembang. Manusia cenderung ingin menyampaikan apa saja apa yang mereka rasakan, maupun yang dilihat. Fungsi kamera di ponsel yang dulu hanya digunakan untuk memotret, saat ini menjadi berkembang. Hasil gambar maupun video yang dihasilkan mereka share ke media sosial, pun mungkin berbagi dengan teman, maupun rekan bisnis menggunakan fasilitas messaging maupun email yang saat ini bisa diakses pula melalui telepon seluler.

Perkembangan dunia telekomunikasi dan teknologi yang senantiasa beriringan memang begitu memudahkan sendi kehidupan manusia. Namun, keamanan dalam menggunakannya tetap menjadi bahan yang harus diperhitungkan. Begitu pentingnya telepon seluler dalam kehidupan kita, hingga menjadi penting bagi diri kita menjaga keamanannya dari mulai device, maupun file serta data di dalamnya. Sudahkah kita lakukan? Percayalah, Anda akan begitu kesulitan kehilangan ponsel yang Anda sayangi.

Komentar

Anonim mengatakan…
dahulu kala, saya suka gak nyaman kalau bepergian gak pakai jam tangan. Sekarang lebih kelimpungan kalau lupa bawa ponsel :D

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver