"Seneng-Seneng" Bersama @XLCare dan #JagoanRangers

Sabtu, 20 Desember 2014, saya menghadiri undangan dari Rangers @XLCare, akun Twitter Customer Service dari XL. Saat diundang via telepon, saya pun agak bertanya-tanya, acara apa? Dijawabnya pun dengan "menggantung": "Datang aja mas, acaranya kita seneng-seneng." Nah, kata "seneng-seneng" ini yang membuat saya makin penasaran. Akhirnya, ya saya datang juga, itung-itung menghabiskan waktu hari Sabtu untuk "refresing".


Acaranya sendiri berlangsung di XL Xplor Senayan City, pas berangkat kesana, saya kehujanan di jalan, basah kuyup. Saya perlu menghabiskan waktu 1 jam menunggu baju kering sebelum ke lokasi acara.


Acara dimulai sekitar pukul 14.35 WIB, mungkin menunggu undangan banyak yang datang terlebih dahulu. Maklum, karena hujan, banyak yang datang terlambat. Acara sendiri rencananya dimulai pukul 14.00 WIB. Di awal acara, MC akhirnya menjelaskan, bahwa acara tersebut adalah pengumuman pemenang #JagoanRangers serta perkenalan admin-admin @XLCare secara langsung, yang biasanya hanya kita lihat twit-twitnya saja. Sedikit terjawab kebingungan saya soal acara apa ini? Ya, seneng-senengnya masih dapat lah, sepanjang acara ngemil gratis berbagai jajan yang sudah disediakan.


Di awal dijelaskan mengenai apa itu XL Xplor, tempat acara tersebut. XL Xplor ternyata adalah tempat "nongkrong" mencoba hal-hal dan pengalaman baru terkait hobby, gadget dan lain sebagainya yang disediakan oleh XL untuk para konsumennya. Semuanya gratis di tempat tersebut seperti : wi-fi berkecepatan tinggi, mencoba gadget-gadget terbaru, dan lain sebagainya. Dari sini, saya merasa bahwa apa yang dilakukan oleh XL ini patut dicontoh oleh operator telekomunikasi yang lain. Mendekatkan diri dengan konsumen, sehingga mereka merasa dihargai dan diperhatikan. Ada nilai lebh yang ditawarkan XL. Sehingga mereka tidak hanya berfokus pada penyediaan jaringan telekomunikasi saja, namun juga mengedukasi pengguna produknya untuk mendapatkan pengalaman lebih baik dengan teknologi informasi dan komunikasi. Ke depannya XL Xplor akan hadir di Yogyakarta, Surabaya dan Medan di tahun 2015. Dan semoga saja menyusul di kota-kota lainnya.


Berikutnya, di acara tersebut  diperkenalkan ke publik secara langsung siapa saja Admin yang mengelola akun customer service XL, @XLCare. Ya, merekalah para admin yang biasanya disebut "Rangers" yang bertugas untuk memberikan solusi pada pengguna XL yang bermasalah dengan XL-nya melalui twitter. Intinya adalah, mereka ini orang-orang yang sering sekali saya lihat dikomplain, dimarahi, dimodusin oleh para Tweeps yang komplain soal layanan XL melalui Twitter. Sedikit berbeda dengan operator yang lain, yang tidak secara terbuka memperkenalkan ke publik siapa-siapa saja dibalik admin-admin akun customer service, langkah XL ini cukup bisa diapresiasi sebagai operator yang mencoba lebih dekat ke konsumennya.


Berikutnya diperkenalkan juga juara kompetisi #JagoanRangers. Nah #JagoanRangers itu apa? Mudahnya gini, mereka adalah orang-orang yang mencari tweet tentang permasalahan dengan layanan XL kemudian menghubungkan pada Admin @XLCare untuk diberikan solusinya. Untuk mudahnya, cek saja tagar #JagoanRangers di Twitter ya, nanti tahu sendiri.


Acara diisi oleh games-games yang diikuti oleh para Rangers, #JagoanRangers dan audience yang hadir. Saya cukup iri dengan yang mendapatkan hadiah door prize, SONY XPERIA T2 dan T3, keberuntungan tidak berpihak kepada saya. Acara yang digelar oleh XL ini setidaknya mencapai satu tujuan, yakni mendekatkan ke konsumennya, serta memberikan pengalaman yang seru pada yang hadir. Setidaknya, terjawab sudah pertanyaan dari awal saat saya ditelepon oleh Rangers, bahwa kita akan "seneng-seneng"


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver