Yahoo! Indonesia Tutup

Sumber Gambar : amhaynet.wordpress.com
Selamat tinggal Yahoo! Indonesia. Ya, pagi ini saya membaca berita yang mungkin sudah dirumorkan sejak beberapa waktu yang lalu, akhirnya Yahoo! Indonesia resmi tutup per akhir tahun ini. Mungkin, bagi beberapa orang, tutupnya Yahoo! Indonesia ini tidak akan berpengaruh banyak. Yahoo! sendiri menyatakan masih berkomitmen dengan Asia Tenggara dan Indonesia, dengan menempatkan kantor regionalnya di Singapura. Namun tetap saja, bagi pengguna internet sejak awal-awal tahun 2000an agak sedikit merasa kehilangan.

Di awal kemunculannya, Yahoo! merupakan pilihan favorit untuk membuat E-Mail. Yahoo! Indonesia sendiri memiliki domain E-Mail @yahoo.co.id. Dulu mungkin Google belum se-"ngetrend" seperti saat ini. Google kebanyakan hanya sebagai mesin pencari. Untuk Gmail, hanya beberapa penggunanya, pangsa pasarnya masih kalah dibanding Yahoo! setidaknya menurut pengamatan saya :).

Kemudian penetrasi Google makin berkembang. Platform iklan mulai banyak yang memilih ke Google dan Facebook yang makin populer. Sementara Yahoo! masih mengandalkan Email dan beberapa aplikasi yang sayangnya tak terlalu dikenal oleh publik. Apalagi dengan makin berkembangnya ponsel Android yang milik Google, maka makin berat Yahoo! dalam bertahan, dan akhirnya memilih melakukan perampingan dengan 'memangkas' karyawan-karyawannya di beberapa negara seperti Vietnam dan Indonesia.

Yahoo! Indonesia untuk saat ini, jika menelusuri dari alamat websitenya id.yahoo.com cukup informatif dengan berisi beberapa berita yang didapat dari berbagai situs berita. Cukup lengkap di satu halaman. Kita tunggu saja, apakah dengan ditutupnya Yahoo! Indonesia, situs kumpulan berita ini juga akan punah? Yang jelas, alamat email saya yang @yahoo.co.id sudah lama tidak saya gunakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver