Aplikasi Favorit di Android Saya

Dalam keseharian, saya menggunakan ponsel Android untuk beraktivitas. Belakangan saya sih suka menggunakan Xiaomi Mi 4i sebagai 'daily driver' alias ponsel utama. Ada beberapa aplikasi yang menurut saya pribadi wajib instal ketika berganti ponsel Android.

1. Keep

Dulu, saya kerap menyimpan catatan dengan menggunakan aplikasi notes bawaan ponsel. Hanya saja, lama kelamaan aplikasi ini saya rasa kurang praktis. Untuk 'mengakalinya' akhirnya saya memilih aplikasi Keep. Aplikasi besutan Google ini praktis untuk digunakan. Tinggal 'synchronize' dengan akun Google yang pasti kita masukkan di ponsel Android, maka semua catatan kita pun akan dengan mudah tersinkronisasi. Aplikasi ini juga saya gunakan untuk menulis postingan blog.

2. Blogger

Aplikasi wajib yang harus ada di ponsel saya. Dengan aplikasi ini, posting blog jadi lebih mudah. Tak perlu repot dengan menyalakan komputer ataupun laptop. Kapanpun saat melintas ide, saya menulisnya di keep untuk kemudian posting melalui Blogger.

3. Cloud : Google Drive, Dropbox, Box

Ada tiga aplikasi cloud yang saya gunakan. Sebenarnya satu sudah cukup sih, namun saya memiliki pertimbangan tersendiri menggunakan tiga aplikasi tersebut. Besaran kapasitas free yang tersedia serta pembeda untuk pekerjaan dan hiburan menjadi salah satu alasannya. Memang sih ada USB OTG, namun tak ada salahnya kan di-back up melalui cloud.

4. Office + Adobe Reader

Nah, aplikasi ini saya gunakan untuk menyimpan beragam file-file dokumen penting. Kebanyakan sih dokumen pekerjaan, agar bisa kapan saja membukanya.

5. Yahoo Mail

Aplikasi Email Client yang saya gunakan adalah Yahoo Mail. Tak hanya Email Yahoo, email Google dan Outlook pun sekaligus saya masukkan dalam aplikasi agar lebih praktis. Alasan utama saya memilih Yahoo Mail sebagai Email Client karena user interfacenya yang simpel dan mudah digunakan.

6. Messenger dan Sosial Media

Ini merupakan aplikasi wajib yang tentunya ada di setiap ponsel. Era sekarang dimana kita lebih mudah berbagi dan berinteraksi menjadi alasan hampir semua orang memiliki akun Messenger dan media sosial. Untuk messenger sendiri saya menggunakan BBM, 2 WhatsApp, dan Telegram. Beruntung update Xiaomi terbaru saya memungkinkan menggunakan dua akun WhatsApp dalam satu ponsel.

7. Pocket

Aplikasi 'bookmark' ini sangat membantu saya. Ketika menemukan sebuah artikel menarik di internet dan tidak memungkinkan membacanya hingga tuntas, alih-alih menyimpan halamannya, saya lebih memilih untuk membaginya ke Pocket untuk bisa dibaca lain waktu. Karena sifatnya yang multi platform, bisa dibuka pula di komputer dan juga iPhone, maka saya memilih aplikasi ini untuk menyimpan setiap referensi yang saya butuhkan.

Pemilihan aplikasi di ponsel setiap orang tentunya berbeda-beda. Semua tergantung kebutuhan dan gaya hidup masing-masing individu. Namun satu hal yang jelas, sebaiknya aplikasi yang kita instal di ponsel hendaknya lebih meningkatkan produktivitas bukannya malah mengganggu kehidupan kita. Jadi, bijaklah menggunakan ponsel dan memilih aplikasi apa yang kita butuhkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver