Memaksimalkan Memori Internal Smartphone

Ponsel pintar saya memiliki memori internal yang amat terbatas. Ponsel pintar saya hanya memiliki memori 16GB. Bagi beberapa orang, memori seperti yang saya miliki tergolong kurang. Namun, dengan sedikit "mengakalinya", saya masih menyisakan hampir separuh memori yang saya miliki cukup lega, dan tetap nyaman digunakan. Mungkin cara yang saya lakukan bisa Anda aplikasikan.

1. Aplikasi Terinstal di Memori Internal

Kebetulan, daily driver saya tidak memungkinkan untuk menambahkan memori eksternal (microsd), maka mau tidak mau saya menginstal semua aplikasi ke memori internal, berbagi ruang dengan sistem operasi. Karena keterbatasan ruang, saya memilih untuk menginstal aplikasi yang benar-benar saya gunakan. Selain itu, saya pun men-disable maupun uninstal bloatware bawaan yang tidak saya perlukan.

Dengan lebih selektif, selain menghemat ruang memori juga penggunaan data jadi lebih hemat. Saya hanya menginstal aplikasi notes, browser, office, beberapa sosial media yang tiap hari pasti saya buka, serta satu game yang memang rutin saya mainkan. Yang jelas aplikasi yang saya instal adalah yang benar-benar saya perlukan.

Saya juga mengakali aplikasi berat dengan cara lain. Mudahnya, saya ambil contoh Facebook, alih-alih menginstal aplikasinya yang tergolong besar, saya lebih memilih untuk membukanya di browser. Pun dengan berbagai situs berita, saya lebih suka membukanya melalui browser, lebih ribet, namun dapat lebih mudah menghemat ruang. Saya pernah memiliki ponsel yang support micro-sd, namun saya memilih tidak menempatkan aplikasi di memori eksternal yang kadang kinerjanya kurang maksimal.

2. Maksimalkan Cloud

Produk Apple ataupun Android, memiliki layanan cloud storage, pun ada pula aplikasi pihak ketiga. Saya biasa memaksimalkan ini untuk menyimpan foto dan dokumen. Alih-alih menyimpannya di ponsel, foto-foto saya tersimpan di Flickr serta dokumen yang saya miliki tersimpan di Dropbox. Hanya saat diperlukan saya mendownloadnya. Lebih menghemat ruang.

3. Era Streaming

Untuk lagu, saya lebih memilih mendengarkan secara streaming. Kalaupun diperlukan saya mendownloadnya saat terhubung wifi, ketika tidak diperlukan, tinggal dihapus. Banyak layanan streaming musik seperti Joox, Spotify, dll. Ada pula layanan streaming film macam Hooq, VIU, dan lain sebagainya.

4. Pilih Ponsel Support USB OTG

Pilihan bijak saat ini adalah memilih ponsel dengan fitur USB OTG, dengan fitur ini semua data di flashdisk bisa dibuka di ponsel dengan mudah. Dengan adanya fitur ini memungkinkan semua data bisa kita simpan di flashdisk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver