Mengkonsumsi Informasi

Bisa dibilang ada sebuah skill yang amat diperlukan di era teknologi informasi saat ini. Skill yang saya maksud adalah kemampuan dalam memilah sebuah informasi. Seperti kita ketahui, saat ini amat banyak informasi beredar. Di era media sosial seperti sekarang ini, informasi begitu banyak mewarnai linimasa akun yang kita miliki.

Informasi yang beredar, baik di media sosial maupun broadcast di aplikasi perpesanan tentunya tidak 100% valid dan benar. Banyak pula kabar ataupun berita bohong (hoax) yang sangat berbahaya apabila menyebar. Bagaimana tidak berbahaya, hoax bisa menyesatkan dan kadang pula membuat resah masyarakat.

Karena itulah ketelitian dan kemampuan memilah informasi amat diperlukan. Adanya re-check terhadap sebuah kabar saat ini amat diperlukan. Karena jangankan berasal dari sumber yang tidak jelas, media kredibel pun kadang tak lepas dari hoax. Bagaimana memverifikasi kabar tersebut, itulah yang terpenting.

Kabar hoax biasanya berisi hal yang aneh dan bombastis. Sebenarnya tak begitu sulit dalam memverifikasi sebuah kabar. Karena berita hoax biasanya diawali oleh akun ataupun situs yang tidak jelas. Begitu mudahnya saat ini membuat sebuat website dan akun media sosial menjadi peluang penyebaran hoax akan lebih besar. Tentunya lebih baik percaya pada sumber berita asli yang kredibel daripada percaya dari broadcast ataupun website maupun akun yang tidak jelas dan menyesatkan. Jangan terlalu sembarangan dalam mengkonsumsi informasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver