Daily Driver : LG K10 (2017) di Tahun 2018




Sebagai ponsel utama (daily driver) saat ini saya menggunakan ponsel dari LG. Ponsel ini keluar sekitar akhir 2016, atau hampir dua tahun lamanya. Namun, saya baru menggunakannya sekitar 6 bulan terakhir, itupun karena sedang ada diskon clearance sale. Ponsel LG K10 (2017) sebenarnya merupakan ponsel mid end dengan spesifikasi yang terbilang seadanya. RAM yang hanya 2GB, serta memori internal yang terbilang kecil untuk jaman sekarang (16GB) di atas kertas tampaknya banyak yang meremehkannya. Namun, dalam 6 bulan terakhir menjadikannya ponsel utama, saya menilai LG K10 (2016) tidak ada kendala yang berarti.

Performa Lumayan

Ponsel K10 (2017) ini saya gunakan untuk mendukung pekerjaan. Sebagian besar ponsel saya gunakan untuk media sosial, messaging (WhatsApp dan Telegram), dan juga berkirim email. Saya tidak menggunakannya untuk bermain game, karena memori internal yang cukup mepet. Oh ya, selain itu saya menggunakan ponsel ini juga untuk streaming video dan mendengarkan musik melalui Joox. 

Secara umum dengan penggunaan ala saya, ponsel ini tidak memiliki masalah yang berarti. Semua aplikasi dapat dijalankan dengan lancar, pun fitur-fitur lumayan lengkap, saya cukup terbantu dengan fitur USB OTG yang sudah ada di ponsel ini. Satu-satunya kelemahan yang saya rasakan adalah kecilnya kapasitas baterai (2800 mAh). Baterai di ponsel ini tidak mampu saya gunakan sehari semalam. Rata-rata dari jam 5 pagi saya mencabut ponsel, baterai hanya bertahan sampai jam makan siang (6-7 jam penggunaan). Jika ingin menggunakannya sampai larut malam, saya harus sedia powerbank.

Kamera Depan Kurang

Untuk kamera depan, saya merasa ponsel ini kurang tajam saat digunakan untuk memotret (selfie), apalagi di tempat yang kurang cahaya. Untungnya, saya jarang menggunakan kamera depan. Untuk kamera belakang hasilnya lebih bagus. Untuk memotret dokumen, saran saya gunakan aplikasi Cam Scanner agar hasilnya lebih baik.

Ponsel ini secara spesifikasi mungkin terlihat biasa saja. Namun secara umum saya puas menggunakan ponsel ini selama hampir setengah tahun. Memang kita harusnya tidak perlu percaya begitu saja dengan tabel spesifikasi namun harus mencobanya sendiri.

Komentar

Tuteh mengatakan…
Horeeeee sudah diupdate!!!! Pakai BlogIt!? :)
Iwab mengatakan…
Iya pakai BlogIt

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver