Second Phone : Nokia 1



Ponsel dengan RAM 1GB di 2018 terdengar meragukan untuk digunakan. Namun hal tersebut tampaknya tidak berlaku pada Nokia 1. Ponsel ini sudah saya gunakan selama 3 bulanan menemani daily driver. Ponsel ini menggunakan Android Go, OS dari Google yang dapat memaksimalkan ponsel dengan spesifikasi rendah agar lebih nyaman digunakan.

Meskipun menggunakan software yang sudah dioptimalisasi, namun terkait spesifikasi, tentu saja ponsel ini kurang cocok digunakan untuk spesifikasi berat, misalnya saja game. Karena itu, ponsel ini lebih saya gunakan untuk media sosial dan browsing ringan. Untuk mendukung aktivitas tersebut pun saya lebih memilih aplikasi lite seperti Facebook Lite, Twitter Lite, dan LinkedIn Lite. Tentu saja kenyamannya sedikit di bawah aplikasi reguler. Maksud lain dari aplikasi lite ini selain lebih ringan juga cukup irit disimpan di memori internal. Maklum, ponsel ini hanya memiliki penyimpanan internal sebesar 8GB saja.

Ponsel ini memiliki dimensi kecil, dibanding smartphone kebanyakan saat ini. Bentuk yang kecil ini lebih saya sukai karena nyaman saat digunakan. Tetapi layar ponselnini lumayan reflektif sehingga kurang nyaman digunakan di outdoor kala matahari terik.

Cocok Untuk Siapa?

Saya bisa memahami target pasar Nokia dengan produk ini. Ponsel ini diperuntukkan untuk :

1. Pengguna yang baru beralih ke smartphone
Meskipun ponsel pintar sudah banyak dan menjamur dimana-mana, namun tetap ada beberapa orang yang baru beralih menggunakannya. Peralihan dari ponsel fitur ke smartphone tentu saja membutuhkan waktu dan proses. Saya rasa ponsel android go seperti Nokia 1 ini cocok untuk digunakan.

2. Pengguna yang ingin ponsel pintar, namun budget terbatas
Untuk kalangan pelajar SMP dan SMA, saya rasa ponsel ini adalah yang ideal. Harganya tidak terlalu mahal, serta sudah cukup mengakomodir kebutuhan pelajar untuk messaging, browsing, dan media sosial. Namun kurang cocok bagi yang perlu game di dalamnya.

Intinya ponsel ini bukan untuk semua orang. Meskipun sudah dioptimalkan dengan OS Android Go, tetap saja ponsel ini kurang nyaman digunakan sebagai daily driver. Fungsinya yang terbatas hanya untuk media sosial serta fungsi dasar yang terbatas menjadikan ponsel ini pantas dilirik kala hanya memiliki dana benar-benar mepet. Jika Anda memiliki dana lebih dari 1 juta rupiah, ada banyak pilihan smartphone yang lebih baik.

Komentar

Tuteh mengatakan…
Boleh juga ini ya meskipun RAM-nya 1 Giga.
Iwab mengatakan…
Asal jangan pake main game...

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver