Bertahan di Era Digital

Kita hidup di sebuah jaman yang tidak hanya bergantung pada tatap muka semata. Hampir semua serba mesin. Dari mulai dibangunkan oleh alarm, mengambil uang melalui ATM, bahkan berinteraksi melalui media sosial. Semua serba teknologi, yang memungkinkan orang dapat beraktivitas dengan mudah. 

Era digital juga berarti saat dimana informasi begitu membanjiri. Informasi lebih mudah didapat dibanding dulu. Media sosial seolah menjadi alat berbagi informasi yang utama. Orang lebih memilih untuk mengakses internet guna mendapatkan informasi yang lebih cepat dibanding sarana lain seperti TV atau radio.

Serba cepat. Era digital menuntut semuanya lebih cepat dan praktis. Seolah semua bergantung menggunakan ponsel pintar yang menjadi alat menjelajahi era saat ini. Hal-hal sederhana seperti memesan taksi sekalipun menggunakan aplikasi yang ada di ponsel pintar.

Penggunaan data untuk menjelajah internet sekarang telah menjadi sebuah kebutuhan. Dulu mungkin orang memerlukan internet hanya untuk mencari informasi yang benar-benar penting. Akses informasi masih terbatas, pun dengan kecepatan yang tidak secepat saat ini.
Jaman digital juga memaksa orang untuk kecanduan pada sang ponsel pintar yang selalu terhubung internet. Efeknya bahkan orang menjadi malas. Hal kecil seperti bersosialisasi pun bisa dilakukan melalui ponsel pintar. Saking kecanduannya, bahkan orang lebih tertarik memandangi ponselnya dibanding berkomunikasi secara langsung.

Bertahan di era digital seperti saat ini bukan berarti tidak perlu ikut arus. Teknologi begitu dibutuhkan saat ini, bukan tindakan bijak untuk menghindarinya. Yang diperlukan hanya sedikit menahan serta mengendalikannya.

Ada beberapa dampak negatif jika kita terlalu larut dalam era teknologi saat ini, baik secara fisik ataupun mental. Ada baiknya perlu sedikit bijak untuk mengatur semua agar lebih efektif serta tidak mengganggu kehidupan yang sebenarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver