Bijak Menggunakan Ponsel

Beberapa pengguna mengeluhkan ponsel mereka lemot, tidak responsif dan lain sebagainya. Padahal ponsel yang mereka pakai bisa saja merupakan merek global yang kualitasnya bisa dibilang tak diragukan lagi. Hanya saja, menurut saya faktor pengguna ikut mempengaruhi.

Mengenali Kebutuhan

Sebelum membeli ponsel, ada baiknya mengetahui seperti apa kebutuhan kita. Bila kita hanya memerlukan ponsel untuk bekerja misalnya, maka bisa mencari ponsel yang cocok untuk kebutuhan tersebut. Pun jika ingin menggunakan ponsel untuk game dan lain sebagainya.

Kenali Ponsel yang Sesuai

Berikutnya, kita pertimbangkan ponsel yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Misalnya pebisnis, tentunya tak perlu ponsel yang begitu hebat secara spesifikasi layaknya ponsel untuk gamer. Saran saya, untuk bisnis carilah ponsel yang tidak terlalu besar hingga tidak mengganggu mobilitas. Sebaliknya, untuk para gamer lebih memilih ponsel yang berlayat besar agar lebih nyaman dipakai.

Saat ini, informasi mengenai ponsel tersebar luas. Bisa mencari informasi di website atau media cetak. Nah, bila sudah tahu kemampuan ponsel maka penggunaan jadi lebih nyaman. Misalnya kita memiliki ponsel dengan RAM terbatas, maka tidaklah bijak bila menggunakannya untuk multitasking. Atau bila kebutuhan kita untuk bisnis maka perlu untuk ponsel yang dapat memiliki fitur USB OTG agar tidak repot saat membuka file dokumen.

"Mengakali" Ponsel untuk Kebutuhan

Bisa saja pertimbangan kita memilih ponsel adalah dari segi harga. Maka cara lain kita harus pandai-pandai "mengakali". Misal ponsel kita tidak support USB OTG, maka mau tidak mau kita harus menyimpan file ke layanan cloud ketimbang memori yang penuh keterbatasan. Risikonya, kita harus memiliki koneksi data saat membukanya.

Setiap ponsel memiliki karakter dan spesifikasi sendiri. Tak bisa disamaratakan, karena sebenarnya peruntukannya yang berbeda. Semua bergantung kembali ke si pemakai untuk memaksimalkan ponsel yang dimilikinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver