Maniak Download

Ilmu itu mahal. Setidaknya, kita perlu perjuangan untuk mendapatkan sebuah ilmu. Apapun ilmu tersebut perlu berkorban waktu (dan biaya) untuk mempelajarinya. Dan beruntung Anda yang masih memiliki keinginan untuk belajar. Saya sendiri berpendapat ingin mempelajari setiap ilmu, dan tidak terlalu berpikir kegunaannya kedepan, yang penting belajar duluNgomongin soal ilmu yang mahal, saya memiliki hobi yang cukup aneh. Hobi saya adalah mendownload E-Book gratisan. Saat ini, di internet segala macam E-Book gratisan beragam genre ada semua, dari mulai fiksi maupun non fiksi. Untuk itu, website seperti bookboon.com seringnya menjadi gudang ilmu untuk saya download.

Hobi saya ini mungkin sudah lama sejak jaman saya kuliah. Saat kuliah, tempat favorit saya adalah perpustakaan, bukan untuk membaca buku koleksi di kampus tersebut, namun untuk mendownload E-Book gratisan dari internet. Maklum, di perpustakaan tersebut biaya internet paling murah yakni Rp.2.000/jam, tentunya dengan kecepatan koneksi yang "harap maklum".

Hobi saya ini berlanjut sampai kini, menjadi maniak download E-Book yang gratisan. Saya langsung ngiler bila ada notifikasi di E-Mail mengenai koleksi buku gratisan baru. Saking banyaknya buku yang saya download (dan saya simpan), tentunya tidak semua saya baca, entah kapan saya selesai membaca semua E-Book koleksi saya tersebut. Bahkan, E-Book yang saya nilai "kadaluarsa" seperti tutorial tips dan trik Microsoft Office 2008 misalnya, telah saya hapus sebelum sempat menamatkannya.

Meski saya hanya mendownload E-Book gratisan, bukan berarti saya mengambil keuntungan pribadi. Satu-satunya keuntungan yang saya dapat hanya ilmu yang mereka berikan. Saya tidak akan memanfaatkan E-Book tersebut untuk urusan komersial, tidak etis rasanya. E-Book koleksi saya pun telah sukses dicopy oleh teman-teman secara gratis.

Menurut saya ini adalah hobi yang hebat. Menjadi kolektor E-Book adalah bagiam dari memanfaatkan kehidupan digital yang makin mudah diakses seperti saat ini. Namun tetap diperhatikan etika, saya hanya mendownload E-Book yang diizinkan. Saya enggan mendownload E-Book bajakan. Pun saya juga tidak mau menjual E-Book yang saya dapat gratis. .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver