Internet Cepat Untuk Apa?

Dulu, ketika seorang Menkominfo mengucapkan kalimat seperti di judul, seketika menerima berbagai bullying. Namun serius, kita selayaknya mencermati kalimat "internet cepat untuk apa" tersebut dari segala sisi. Mengingat saat ini, kebutuhan internet kian intensif, segala aspek yang berhubungan dengannya layak menjadi pertimbangan, tak terkecuali dari segi kecepatan.

Benar, sudah maksimalkan penggunaan internet yang kita lakukan. Jika hanya sekedar chatting, browsing di media sosial, tentunya kecepatan internet tak lagi jadi bahan prioritas. Dengan kecepatan yang biasa-biasa saja, aktivitas "hemat kuota" tersebut sudah cukup lancar untuk dilakukan.

Namun, zaman semakin berubah. Orang kini tak lagi mengakses internet hanya untuk chatting dan browsing semata. Kalau cuma itu sih, sekitar 15 tahun yang lalu pun saya sudah bisa melakukannya. Kala itu kecepatan internet hanya kisaran kbps. Namun kini, orang akan protes jika kecepatannya tetap segitu.

Kebutuhan makin berkembang. Kini, orang memerlukan kecepatan besar. Tak hanya untuk akses browsing dan chatting semata. Kebutuhan data lebih besar juga perlu, misalnya saja streaming menonton video dan mendengarkan musik. Bila kecepatan internet biasa-biasa saja, maka aktivitas tersebut tidak akan nyaman untuk dilakukan.

Sah-sah saja sih aktivitas tersebut. Meski kecepatan yang tinggi itu harus dibayar dengan konsumsi kuota data yang lebih besar dan tentunya biaya yang dikeluarkan pun akan lebih besar. Dari sini saya sedikit mengambil kesimpulan sederhana, kecepatan akses internet itu perlu, karena kebutuhan konsumsi data semakin tinggi.

Pertanyaannya sekarang, memang sebesar itukah kebutuhan internet kita? Jawabnya beragam, masing-masing orang memiliki jawaban tersendiri. Dan saya sendiri pun untuk saat ini terkadang membutuhkan akses yang cepat, guna mendukung segala aktivitas online yang saya lakukan. Kebutuhan saat ini berbeda dengan yang lalu. Internet dengan kecepatan yang membaik seperti ini hendaknya lebih bisa dimanfaatkan. Kalau hanya dari segi hiburan, maka kembali layak kita renungkan, internet cepat untuk apa?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver