Ketika Ponsel Makin "Lelah"

Evolusi telepon seluler (ponsel) seperti yang kita tahu makin berkembang dan canggih. Era smartphone kini mulai ngetrend. Mengaburkan fungsi ponsel yang hanya untuk sms dan telepon semata. Dulu mungkin ponsel (mobile phone) merupakan evolusi dari telepon rumah (fixed phone). Dan kini ponsel pun berkembang lebih "pintar".
Selain berkembang dari segi fungsi dan kecanggihannya, ternyata ponsel kali ini juga makin berkembang. Jika dulu mungkin orang lebih mudah mengatur biaya penggunaanya dengan hanya menggunakan ponselnya saat hendak menelepon ataupun sms saja. Selebihnya, ponsel dibiarkan untuk "beristirahat". Nah saat didiamkan ini, ponsel sama sekali tidak memakan biaya.
Berbeda dengan ponsel sekarang. Adanya fitur internet yang senantiasa berjalan meski tidak digunakan, membuat konsumsi pulsa yang digunakan tak sehemat dulu. Fitur serta kemampuan smartphone yang membuatnya senantiasa terhubung serta memudahkan berbagai pekerjaan yang sebelumnya hanya bisa dilakukan melalui komputer, harus dibayar dengan penggunaan biaya yang makin besar. Bila ingin menghemat dengan mematikan fitur data misalnya, maka akan membuat ponsel justru sulit untuk digunakan secara maksimal.
Konsumsi data yang boros inilah yang menyebabkan biaya penggunaan ponsel saat ini lebih besar dibanding sebelumnya. Fitur internet, media sosial serta messaging telah menjadi sebuah kebutuhan. Era kali menyebabkan konsumsi pulsa untuk data (internet) lebih besar dibandingkan konsumsi untuk telepon serta sms.
Lebih Cepat Rusak?
Saya tidak setuju dengan pernyataan yang mengatakan bahwa ponsel kali ini lebih jelek kualitasnya dibanding yang dulu. Penggunaan ponsel era awal 2000an memang bisa digunakan selama bertahun-tahun dan awet, hanya saja ada beberapa perbedaan terutama di cara penggunaan ponsel yang sangat berubah.
Seperti yang telah saya singgung di atas, ponsel-ponsel jaman dulu relatif intensitas penggunaan harian tidak sesering sekarang. Ponsel-ponsel yang memiliki fungsi internet pun tidak senantiasa berjalan saat stand by. Nah, dari sini saja sudah terlihat penyebab kenapa ponsel jaman dulu relatif lebih awet.
Mungkin ada baiknya kita memperlakukan smartphone yang kita miliki saat ini lebih hati-hati dibanding biasanya. Berbeda dengan ponsel jaman dulu, smartphone saat ini merupakan barang yang begitu penting.

Pentingnya penggunaan ponsel saat ini, ada baiknya dibarengi pula dengan sekedar memberi waktu untuk gadget kesayangan beristirahat. Mematikan ponsel ketika beribadah atau meeting dan saat tidak diperlakukan merupakan salah satu cara sederhana untuk memulainya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver