Waktunya Belajar Otodidak

Jaman sekarang beda dengan saat dulu. Perkembangan dunia IT telah mengubah cara berpikir dan berinteraksi banyak orang. Internet telah menjadi sumber pengetahuan banyak orang.
Internet telah mengakomodir orang untuk bisa belajar secara mandiri. Internet menjadi gudang ilmu yang sepertinya nyaris tak terbatas. Berbeda dengan buku-buku cetak memerlukan tempat serta harga yang kadang tidak murah, internet mengubah segalanya lebih simpel serta efisien.
Saya memiliki kegemaran mengoleksi banyak buku-buku elektronik (E-Book). Jumlahnya saya tidak tahu persis, ratusan mungkin. Namun yang menonjol adalah semua tersimpan rapi di berbagai folder hanya di satu flashdisk. Saya kadang membayangkan berapa banyak rak buku yang diperlukan saat mencetak buku-buku yang berkapasitas 5 GB tersebut.
Tutorial yang beredar di internet tak hanya berbentuk buku saja. Mungkin ada yang berformat slide dan video. Sebagian mungkin berbayar, namun kebanyakan gratis. Banyak orang berbaik hati berbagi ilmu yang dimiliki pada orang lain melalui bantuan internet.
Internet telah menjadi sebuah "sekolah" tanpa batasan. Siapapun berhak dan diperbolehkan untuk belajar disitu. Tak repot dan tak mahal, cukup membayar koneksi internet serta dibarengi dengan kreativitas saat browsing serta searching.
Paradigma internet hanya sebagai media hiburan dan chatting semata perlu diubah. Internet lebih dari hal tersebut. Internet merupakan media saling berbagi dan bertukar pikiran. Seorang ibu bisa saja mencari resep masakan atau tips rumah tangga di internet. Pelajar pun kini banyak memanfaatkannya sebagai media referensi mengerjakan tugas. Bagi yang malas mungkin hanya perlu menjillak bahan yang sudah ada.
Tarif internet pun makin murah. Pun dengan kecepatannya yang makin kencang, menjadi momentum internet sebagai media informasi yang mudah digunakan kapan saja dan dimana saja.
Internet setidaknya bisa menjadi sarana alternatif dalam belajar. Mungkin kini bukan saatnya ketinggalan informasi mengingat begitu mudahnya akses yang dapat digunakan. Jika dulu orang mungkin betah nongkrong lama di perpustakaan ataupun toko buku, kini bisa saja mereka menghabiskan banyak waktu untuk mengakses internet melalui komputer, tablet, ataupun smartphone.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver