Mengendalikan Aktivitas Online

Di dunia yang serba digital seperti saat ini, mungkin mustahil bisa lepas dari teknologi. Pun lebih khusus pada internet, semakin lama aktivitas online makin mendominasi. Bahkan tak main-main, kebiasaan ini berubah menjadi kecanduan yang berefek pada kesehatan.
Masalah kecanduan online bahkan telah merenggut nyawa korban yang tak mampu mengendalikan. Berulang kali kita membaca berita ada gamer online yang meninggal karena non-stop bermain game berkali-kali tanpa kenal waktu dan istirahat.
Tubuh manusia tentu memiliki kelemahan dan membutuhkan istirahat. Bermain game ataupun aktivitas online apapun telah mengambil waktu untuk beristirahat. Sama seperti kecanduan yang lain, online merupakan aktivitas yang menyenangkan hingga melupakan waktu yang berjalan.
Coba Mengendalikan
Aktivitas online yang makin berhubungan dengan kehidupan sehari-harinya tentu tidak dapat kita hilangkan perannya. Aktivitas online mungkin hanya bisa kita kendalikan. Dengan berpedoman pada skala prioritas, bisa saja online tetap menyenangkan dan tidak mengganggu aktivitas dunia nyata dan juga kesehatan.
Perlunya pengendalian mutlak diperlukan saat beraktivitas online. Untuk itulah sebaiknya aktivitas online hanya dilakukan oleh orang yang telah dewasa, mengerti hak dan kewajibannya. Karena dunia online hampir tidak memiliki pengawasan.
Perlu manajemen waktu juga harusnya menjadi pertimbangan dalam aktivitas online. Skala prioritas, seperti di atas juga harusnya diperlukan. Memilah hal terpenting seperti pekerjaan untuk dilakukan terlebih dahulu daripada aktivitas bermain game misalnya.
Selain mengendalikan waktu dan aktivitas, perlu kiranya melakukan pengendalian terhadap kuota internet yang dipakai. Bagi pengguna kuota yang unlimited, mungkin tidak masalah, namun bagi yang bergantung pada kuota yang harganya juga lumayan mahal, perlu kiranya pengendalian agar konsumsi data tak lagi terbuang boros dan percuma.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver