Bagaimana Jika Menggunakan Blackberry Gemini 8520 Sekarang?

Saya memerlukan sebuah ponsel fitur. Saya berulangkali mencoba ponsel Nokia, dan beberapa ponsel Tiongkok. Namun, baru-baru ini saya mencoba untuk menggunakan ponsel Blackberry 8520 (Gemini). Alasannya, karena ini ponsel Blackberry termurah dan belum pernah saya gunakan. Oh ya, saya membeli ponsel ini dari sebuah toko online. Pedagang sih bilangnya refurbish, namun saya yakin ini ponsel rekondisi, karena casing, aksesoris dan kemasan tidak sehalus Blackberry yang asli.

Seperti saya katakan sebelumnya, saya ingin menggunakannya sebagai ponsel fitur. Namun iseng saya coba mengaktifkan internetnya. Karena Blackberry ini masih menggunakan layanan BIS (Blackberry Internet Service), maka saya pun berlangganan melalui kartu XL yang saya gunakan.

Proses registrasi berjalan lancar, pulsa saya terpotong Rp.35ribu untuk langganan BIS Lite. Oh ya, sebelumnya saya ingin menggunakan wifi kantor saja tanpa langganan BIS, tapi settingan wifi di Gemini ini sangat merepotkan.

Kembali ke layanan BIS, saya hitung perlu 30 menit dari pulsa terpotong hingga layanan siap digunakan. Hal pertama yang saya lakukan tentu saja membuka Blackberry Application World. Koneksi ponsel masih EDGE (2G), saat saya membuka App World ternyata tidak bisa, tertulis server App World sedang tidak tersedia. Lah? Terus gimana dong.

Sebenarnya saya ingin mencoba menginstal WhatsApp. Benar, WhatsApp yang bentar lagi mau dihapus dari aplikasi OS Blackberry. Akhirnya saya coba download langsung dari situs WhatsApp melalui browser Blackberry bawaan tentu saja. Ketemu, besarnya 6MB. Enteng nih, pasti cepat. Lagi-lagi saya lupa, koneksi masih 2G, menunggu lebih dari 20 menit akhirnya unduhan selesai. Saya pun coba menginstalnya, sukses? Lagi-lagi tidak. Ada tulisan WhatsApp tidak sesuai dengan software perangkat, saya diminta ganti perangkat. Padahal saya sudah mengupgrade software Blackberry Gemini tersebut.

Kesimpulan

Ponsel Blackberry Gemini saat ini, sudah kurang layak dilabeli ponsel pintar. Ponsel yang sangat laku pada jamannya ini tampaknya mulai ngos-ngosan digunakan saat ini. Saran saya, bagi yang masih memilikinya, lebih baik dimaksimalkan sebagai ponsel fitur, telepon dan SMS, amat disayangkan jika masih langganan BIS di ponsel dengan koneksi seperti itu. Sebagai update, saya telah berhenti menggunakan layanan BIS, dan kini Blackberry Gemini hanya saya gunakan untuk menerima telepon dan SMS. Sejauh ini sih hasilnya lumayan ketimbang menggunakan ponsel fitur merk lokal yang kadang kualitasnya mengecewakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver