Kita Diintip

Internet makin menjadi sebuah kebutuhan. Apapun keperluan manusia terkadang membutuhkan koneksi internet. Bahkan dengan penetrasi ponsel yang semakin masif menjadikan internet senantiasa menjadi hal yang harus diakses setiap harinya. Dari bangun tidur hingga kembali terlelap pasti ada kalanya menggunakan ponsel pintarnya untuk mengakses internet.

Beragam keperluan internet. Salah satunya adalah untuk mengakses media sosial. Penggunaan media sosial saat ini menjadi salah satu hal yang wajib kala menggunakan akses internet. Dan kala memiliki akun media sosial kitapun "dipaksa" untuk mengisi biodata. Ambil contoh Facebook yang bahkan mewajibkan penggunanya memberikan biodata asli.

Pemberian biodata ini bagaikan dua sisi mata uang. Pemberian biodata asli ini di satu sisi menjadikan kita mudah dikenali. Namun di sisi lain, berarti penyedia layanan media sosial tersebut memiliki data kita yang terkedang mungkin bersifat rahasia seperti nomor telepon atau bahkan nomor rekening.

Macam alasan bagi penyedia layanan media sosial. Tidak ada jaminan pula mereka tidak akan memanfaatkan data yang dibagi oleh penggunanya. Minimal penyedia layanan mungkin hanya akan menggunakan data tersebut mengoptimalkan iklan guna mengeruk keuntungan.

Di sisi lain, saat menggunakan layanan di internet kita senantiasa dipantau. Bahkan mungkin layanan yang bersifat privasi seperti chatting tidak ada jaminan pula mereka tidak akan mengintip aktivitas online yang penggunanya lakukan. Bagi beberapa orang mungkin hal itu tidak masalah. Namun terkadang privasi yang diintip tersebut apabila bocor bisa mengakibatkan penggunanya mungkin malu atau bahkan mengalami kerugian secara finansial dan lain sebagainya.

Beberapa orang ada yang keberatan apabila kegiatan ataupun aktivitas online mereka diawasi. Bahkan mereka pun keberatan untuk berbagi identitas pribadi. Sebagai akibatnya, mereka memilih menjadi akun anonim saat beraktivitas online. Hal ini tentu menjadi sebuah masalah, karena akun anonim cenderung merasa bebas dan akan memposting hal-hal yang mungkin saja bersifat negatif secara bebas.

Guna menghindari beragam efek yang ditimbulkan, ada baiknya kita sebagai pengguna internet lebih waspada saat beraktivitas online. Sebuah keharusan saat kita harus benar-benar memastikan situs yang kita kunjungi aman dan lebih baik membatasi diri untuk berbagi hal pribadi dan sensitif. Karena bisa saja kita sedang diintip.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver