Browser Opera for Android

Sekitar dua bulan yang lalu, saya diundang di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Opera Browser. Dari acara tersebut, saya baru ngeh ternyata sudah lama tidak menggunakan browser tersebut di ponsel. Terakhir menggunakannya mungkin saat masih memakai Nokia Asha 501, dengan browser Opera Mini. Maklum, ketika membeli ponsel pasti sudah ada browser bawaan dan mungkin juga Chrome di dalamnya.

Saya pun kembali menginstalnya, mencoba mencari tahu sejauh mana browser Opera sekarang. Sebelumnya saya menggunakan beberapa produk Opera lain semisal Opera Max & Opera VPN. Hasilnya, lumayan tapi saya akhirnya meng-uninstal Opera Max karena mengalami penurunan kecepatan data yang signifikan. Mungkin nantinya setelah ada update saya akan mencoba lagi layanan tersebut.

Twitter

Kembali ke Browser Opera. Saya menginstalnya di Android, jadi namanya Opera for Android. Website pertama yang saya ulas adalah saat membuka twitter.com. Kenapa Twitter? Karena media sosial ini adalah sarana utama saya mencari referensi serta berbagi.

Membuka Twitter melalui Opera, sudah hampir mirip seperti membuka aplikasi Twitter yang asli. Tampilannya agak minimalis, namun tidak mengurangi fungsi yang ada. Quote tweet bisa dilakukan dengan lancar. Hal ini berbeda ketika menggunakan Opera Mini di Tizen yang tidak bisa melakukan quote tweet. Fitur mute dan block sebuah akun pun bisa dilakukan dengan baik. Kekurangannya mungkin hanya di tampilan yang tidak bisa diubah menjadi night mode dan GIF serta video harus di-play untuk memutarnya (tidak otomatis). Oh ya, disini kita juga tidak bisa meng-upload GIF seperti di aplikasi aslinya.

Ada satu fitur yang hanya bisa dilakukan di Opera Browser ketimbang aplikasi aslinya, yakni video bisa langsung diunduh (download). Fitur ini saya pikir lumayan berguna, tanpa perlu aplikasi atau website pihak ketiga, tinggal klik di pojok kanan bawah video.

Facebook

Sama seperti Twitter, tampilan membuka Facebook di Opera juga mirip dengan aplikasi aslinya. Segala fitur berjalan sebagaimana mestinya. Namun, pastikan Anda memilih Opera Browser, bukan Opera Mini. Tampilan di Opera Mini untuk Facebook, menurut saya kurang nyaman.

Instagram dan Path

Kenapa saya menggabungkan Instagram dan Path dalam satu sub judul? Karena keduanya tidak bisa berjalan semestinya saat dibuka melalui Opera. Instagram memang bisa dibuka, namun kita tidak dapat upload foto di dalamnya. Untuk Path, sama sekali tidak dapat dibuka. Ketika membuka path.com kita diminta untuk mendownload aplikasi aslinya.

Kesimpulan

Opera Browser saat ini lumayan bagus untuk digunakan. Fitur yang jadi andalan tentu saja penghematan data. Browser ini relatif lebih ringan. Saya bahkan menjadikannya browser utama dan meng-uninstal browser bawaan serta Chrome dari Android.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver