Antara Laptop, Tablet, dan Smartphone

Di era digital seperti saat ini, perkembangan dunia teknologi dan informasi makin intens dalam penggunaan sehari-hari. Dalam bekerja, atau bermain-main, penggunaan alat yang bernama gadget selalu menemani dan siap digunakan sehari-harinya.

Setidaknya ada 3 alat teknologi yang makin hari semakin dekat dengan penggunaannya sehari-hari. Tiga gadget tersebut adalah komputer, tablet, dan juga ponsel.

Laptop

Dulunya, komputer merupakan alat yang begitu canggih. Komputer merupakan barang mewah. Barang yang membantu pekerjaan manusia. 

Komputer merupakan salah satu penemuan teknologi yang sangat membantu kehidupan manusia. Komputer merupakan alat utama untuk bekerja. Dan bahkan di awal kemunculannya, komputer merupakan alat utama untuk mengakses internet.

Karena terlalu berat dan penuh rangkaian. Komputer memiliki kelemahan dalam segi mobilitas. Akhirnya, seiring perkembangan, komputer digantikan perannya oleh laptop. Dari segi mobilitas, laptop memiliki fungsi yang sama seperti layaknya komputer, hanya saja bisa dibawa kemanapun. Untuk itu laptop lebih dikenal sebagai komputer jinjing mengingat fleksibilitasnya dapat digunakan dimanapun.

Laptop akhirnya menjadi sebuah "senjata" bagi orang untuk bekerja maupun berinternet dimanapun. Pekerjaan tak lagi terpaku dikerjakan di kantor, namun juga bisa dimanapun dengan bantuan laptop. 

Di beberapa coffe shop misalnya, banyak pula digunakan untuk meeting dan bekerja dengan bantuan laptop. Komputer jinjing ini menjadi andalan beberapa orang untuk bekerja, mengingat fungsi dan spesifikasinya menggantikan peran komputer untuk bekerja dengan lebih fleksibel dimanapun.

Tablet

Seiring dengan perkembangan pula, orang lebih menginginkan sebuah alat yang memiliki fungsi komputer, namun lebih ringkas. Dan akhirnya ditemukannya komputer dalam bentuk tablet (sabak digital). 

Tablet memiliki ciri khas bentuk lebih ringkas antar 7 - 10 inch. Dan tentunya lebih ringkas karena bersifat layar sentuh (touchscreen). Tak seperti laptop yang mengandalkan tombol keyboard.

Namun, alat ini juga memiliki sebuah kelemahan. Tablet hanya mengakomodir pekerjaan ringan semacam Office dan juga browsing. Berbeda dengan laptop yang bisa digunakan untuk pekerjaan berat sesuai dengan spesifikasinya.

Smartphone

Dan makin berkembang pula, orang memiliki keinginan sebuah alat multifungsi. Bisa digunakan untuk mengerjakan beberapa fungsi. Akhirnya pilihan jatuh pada ponsel pintar (smartphone). Sesuai namanya, smartphone menggabungkan fungsi sederhana komputer dengan fungsi telepon.

Dengan fitur tersebut, smartphone menjebatani orang dalam bekerja kapanpun melalui ponselnya. Saat terburu-buru dalam bekerja, misal menerima atau menulis email, mengedit dokumen, atau sekedar browsing, bisa dilakukan melalui smartphone. Fungsi smartphone ini menjadikannya, praktis dan stand by dalam kondisi apapun.

Namun sayangnya, smartphone tetap memiliki sebuah kelemahan. Layar yang kecil serta spesifikasi yang terbatas, menjadikan smartphone hanya bisa mengerjakan fungsi sederhana. Tapi, beberapa orang tetap bersyukur dan memaksimalkan smartphone yang dimiliki untuk membantunya bekerja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver