Media Sosial, Bentuk Aktualisasi Diri

Hampir setiap orang memiliki akun media sosial. Baik itu Facebook, Twitter ataupun media sosial lainnya. Macam-macam niat orang saat membuat akun media sosial. Dari mulai kepentingan bisnis jualan online hingga ikut-ikutan supaya tidak tertinggal trend.

Beragam fungsi media sosial tentunya mengikuti karakter sang pemilik. Misalnya saja, beberapa orang menggunakan akun media sosial untuk berinteraksi dengan teman-temannya. Ini sangat disayangkan bilamana sebenarnya interaksi sosial dengan teman lebih baik dilakukan di dunia nyata.

Sah-sah saja memang interaksi melalui media sosial dengan teman dekat sekalipun. Hanya saja perlu ada rem agar tidak kebablasan hingga sosialisasi di dunia nyata justru hilang dan tak sedekat di media sosial.

Beberapa yang lain menggunakan akun media sosial untuk saling berdiskusi dan bertukar informasi. Akun informatif ini biasanya suka update isu "kekinian" yang marak dibicarakan. Akun seperti ini sangat menarik bila digunakan untuk berinteraksi.

Media sosial bisa pula digunakan sebagai sarana aktualisasi diri. Media sosial merupakan sarana untuk menunjukkan kemampuannya. Media sosial bagi beberapa orang untuk menunjukkan siapa dirinya. Media sosial menjadi sarana berinteraksi bagi beberapa orang yang memiliki passion yang sama.

Media sosial sesuai fungsi menjadi tempat untuk bersosialisasi. Media sosial merupakan tempat berinteraksi beragam orang. Media sosial menjadi tempat berkumpul dan berinteraksi orang dengan sebuah pemikiran yang sama. 

Media sosial juga bisa menjadi tempat sebuah komunitas "virtual" sebagai wadah organisasi tak resmi orang-orang dengan kemauan yang sama. Facebook misalnya, media sosial ini mengakomodir dengan fitur Groups-nya.

Media sosial "kuno" mengakomodir dengan adanya milis. Saling berkirim email di komunitas tertentu. Milis menjadi menjadi media aktualisasi diri dan saling berinteraksi anggotanya.
Media sosial kini menjadi teman keseharian masing-masing individu. Dengan poin ini, media sosial memiliki potensi untuk makin menjadikannya aktualisasi diri. Berinteraksi melalui media sosial yang makin mudah ini menjadi peluang yang besar sebagai sarana mengaktualisasi diri sesuai kemauan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver